Verifikator RKT RB Kemenkumham Babel Raih Penghargaan dari Inspektur Jenderal

Verifikator RKT RB Kemenkumham Babel Raih Penghargaan dari Inspektur Jenderal

Verifikator RKT RB Kemenkumham Babel Raih Penghargaan dari Inspektur Jenderal.--

PANGKALPINANG, SUMEKS.CO - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung raih penghargaan dari Inspektur Jenderal Kemenkumham RI.

Penghargaan tersebut karena Kanwil Kemenkumham Babel telah menginput pemenuhan data dukung Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi (RKT RB) sebesar 100 persen, pada periode B01-B09 .

Penghargaan diserahkan langsung oleh Irjen Kemenkumham Razilu kepada Pra Pitriyani selaku verifikator dan operator E-RB pada Kanwil Kemenkumham Babel pada acara  pembukaan kegiatan monitoring dan evaluasi kelengkapan data dukung Rencana Kerja Tahunan (RKT) Reformasi Birokrasi (RB) Kemenkumham yang digelar di Hotel Harper Yogyakarta, Selasa 5 Desember 2023.

Membuka kegiatan, Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Razilu menyampaikan pembangunan Reformasi Birokrasi harus dilakukan secara berlanjut dan konsisten agar ada perubahan nilai dan budaya kerja yang berhasil.

BACA JUGA:Tingkatkan Keamanan, Polres OKI Dirikan Pos Pam KPU untuk Amankan Pemilu 2024

Reformasi Birokrasi harus menyentuh segala sendi kehidupan, sehingga menciptakan birokrasi profesional yang dapat menjadi pondasi bangsa agar Indonesia tidak tertinggal dengan negara lain.

Menurut  Razilu, bahwa  Road Map (Peta Jalan) Reformasi Birokrasi sesuai  Peraturan Menteri PANRB Nomor 3 Tahun 2023 tentang Road Map Reformasi Birokrasi (RB) 2020-2024, diterapkan sistem double track, yaitu RB General dan RB Tematik. 

RB General bertujuan untuk memperbaiki sistem dan tata kelola internal instansi pemerintah. Sementara RB Tematik menargetkan percepatan penyelesaian isu nasional, seperti pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, dan administrasi pemerintah.

Razilu menyebutkan, tahun 2023 Kemenkumham memiliki target nilai indeks RB yaitu 85 dengan predikat sangat baik.

BACA JUGA:Peringatan HAB, Kantor Kemenag OKI Bedah Rumah Pramu Kantor

”Untuk itu Perbaiki strategi dan jaga komitmen untuk  lebih profesional, beradaptasi dengan baik, berikan pelayanan yang prima, dan jadikan RKT RB agar  berikan solusi terhadap masalah yang terjadi," ujar Razilu.

Inspektur Wilayah 2 Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI Lilik Sujandi menyampaikan bahwa penerapan sasaran RB 2023 Kemenkumham RI meliputi 3 tahap, yaitu

1. Tata Kelola Pemerintahaan Digital yang efektif, lincah dan kolaboratif

2. Budaya Birokrasi BerAkhlak dengan ASN yang Profesional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: