5 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Palembang, Ramah di Kantong Cocok untuk Libur Akhir Tahun

5 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Palembang, Ramah di Kantong Cocok untuk Libur Akhir Tahun

Jembatan Ampera merupakan salah satu objek wisata terpopuler di Kota Palembang, yang banyak dikunjungi wisatawan.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Palembang merupakan kota tertua di Indonesia. Selain dari makanan khasnya pempek, juga memiliki tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan baik itu dari luar maupun mancanegara.

Kota pempek sebutan untuk Kota Palembang ini menjadi salah satu tempat tujuan favorit di Pulau Sumatera.

Liburan akhir tahun merupakan salah satu momen yang dinantikan oleh semua orang, untuk melepas penat dan menyambut tahun baru dengan penuh semangat.

Nah untuk yang ingin berlibur ke Kota Palembang harus banget mengunjungi beberapa objek wisata yang populer ini.

BACA JUGA:Mau Liburan ke Thailand? Yuk Intip Tips Mencari Kuliner Halal, Hati-hati Nomor 9 Jangan Sampai Terjebak!

Berikut rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi libur akhir tahun di Kota Palembang :

1. Pulau kemaro

Pulau kemaro yang terletak di tengah aliran sungai Musi. Yang jaraknya kurang lebih 6 km dari jembatan Ampera. Pulau kemaro merupakan tempat wisata yang terkenal di Sumatera Selatan palembang.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau kemaro ini, karena memiliki daya tarik tersendiri.  Daya tarik pulau kemaro memiliki objek yang menarik bagi wisatawan.

BACA JUGA:Dijamin Seru! 8 Destinasi Tempat Wisata Akhir Tahun di Kota Pagaralam, Tunggu Apa Lagi?

Daya tarik pulau kemaro ini terdapat pada bangunan Pagoda di bagian tengah palu. Arsitektur Pagoda ini mirip dengan Pagoda ala tirai bambu, sedangkan sisi dinding Pagoda terdapat sembilan lantai yang menggambarkan legenda pulau kemaro.

Di pulau kemaro juga terdapat sebuah vihara Hong Tjing Rio serta kull Budha. 

Untuk menuju pulau kemarau ini, wisatawan bisa naik tongkang perahu atau speedboat yang biasanya tersedia di dermaga bawah jembatan Ampera untuk menyeberang pulau kemaro.

Sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhi dengan rumah rumah terapung dan keindahan alam sungai Musi.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Tahun di Chang Rai Thailand, Banyak Destinasi Wisata Gratis Loh

2. Benteng kuto besak

Saat ini Benteng Kuto Besak telah menjadi objek wisata bagi masyarakat umum. Kawasan Benteng kuto besak selalu nampak ramai dikunjungi wisatawan, apalagi pada hari weekend dan libur akhir tahun.

Dimana lokasinya sangat strategis dekat dengan keindahan jembatan Ampera dan Monpera. 

Pada saat malam hari wilayah luar lokasi benteng kuto besak ini pasti akan di penuhi oleh penjual penjual makanan dan bazzar malam.

BACA JUGA:Akhir Tahun Kemana? Yuk Simak 5 Tips Liburan yang Aman dan Nyaman Untuk Keluarga

Pasalnya dengan letak yang strategis pengujung akan disuguhi dengan pemandangan sungai Musi dan melihat ikon patung ikan belida, hingga menikmati kuliner di warung perahu apung yang berada dekat dengan benteng kuto besak.

Ada beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan benteng kuto besak yaitu spot festival,  dengan area parkir yang luas, spot kuliner, yang pasti nya tak kalah seru.

3. Jakabaring Sport City 

Jakabaring Sport City memiliki magnet tersendiri untuk menarik pengunjung. Selain dari berolahraga, tempat ini juga sangat bisa dinikmati dengan bersantai dan berfoto foto bersama keluarga tercinta.

BACA JUGA:Akhir Tahun Kemana? Yuk Simak 5 Tips Liburan yang Aman dan Nyaman Untuk Keluarga

Tak salah kalau jakabaring ini merupakan suatu kebanggaan kota Palembang,  karena disinilah tempat perhelatan olahraga asian games 2018 diselenggarakan.

Dimana kawasan sekitar stadion ini cukup luas, banyak nya aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung seperti, berolahraga, bersepeda, jalan santai, hingga menikmati danau yang luas.

Disekitaran danau disini pengunjung bisa bersantai dibawah rimbunnya pepohonan menikmati pemandangan danau yang indah.

Buat pengunjung juga bisa kalau ingin mencoba wahana banana boat yang ada di danau buatan ini. Untuk mencoba sensasi mengelilingi putaran danau.

BACA JUGA:Jelang Libur Nataru, Objek Wisata Batu Ampar Muratara Incaran Warga Luar Daerah

Disini juga terdapat rumah ibadah 6 agama yaitu rumah ibadah umat islam, Kristen Protestan, katolik, hindu, buddha dan Khonghucu dengan bangunan ciri khas masing-masing.

Saat ini sport jakabaring merupakan destinasi objek wisata yang tetap ramai dikunjungi dan dijadikan spot foto yang cantik dan instagramebel.

4. Taman wisata alam punti kayu

Taman wisata alam punti kayu ini juga sangat cocok untuk menikmati liburan akhir tahun,  karena memiliki berbagai pesona alam yang indah dan sejuk tentunya serta memiliki flora dan fauna yang menarik.

BACA JUGA:Tahun 2023 Mau Habis Nih Bos! Berikut Tips Kumpulkan Uang untuk Liburan Akhir Tahun

Sebagai destinasi wisata, taman punti kayu ini juga dilengkapi dengan wahana permainan, seperti kids water park, danau rekreasi, taman bermain, wahana edukasi, dan lain sebagainya.

Punti kayu yang merupakan kawasan hutan dengan Ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi memiliki daya tarik untuk dikunjungi.

Selain dapat menikmati keindahan dari kerindangan sejuk nya pohon pinus, pengunjung juga dapat bisa melihat berbagai satwa dan wahana untuk bermain.

5. Alquran Al-Akbar

BACA JUGA:Bingung Liburan Akhir Tahun Harus Ngapain? Coba 5 Kegiatan Seru Ini, Cocok Buat Stok Instastory

Wisata religi yang satu ini juga merupakan wisata yang menarik perhatian pengunjung lantaran dengan memiliki keindahan dan keunikan yang luar biasa.

Dimana alquran yang dinobatkan terbesar didunia, terletak di jalan Mohamad amin, di kecamatan gandus kota palembang.

Mulai dari wisatawan yang berasal dari kota palembang, luar kota, maupun mancanegara yang tertarik ingin berkunjung melihat kemegahan alquran besar ini.

Saat berada di objek wisata ini,  anda akan terkesima dengan tampilan ukiran kaligrafi 30 juz yang diukir atau dipahat dengan jenis kayu tembesu yang dikenal dengan kayu yang awet.

BACA JUGA:Bikin Ngiler! Berikut 9 Camilan Sedap dari Berbagai Daerah Disaat Turun Hujan, Nomor 7 Paling Mantap

Dengan warna emas yang mengkilau disetiao bait huruf kaligrafi yang akan memanjakan mata pengunjung melihat pesona alquran raksasa ini.

Karena itu tak heran jika pengujung yang akan datang ke tempat ini akan mengabadikan momen dengan berswafoto.

Harga tiket masuk pun cukup ramah dikantong mulai dari 15.000 sampai 20.000, dana tiket ini pun akan dipergunakan sebagai salah satu dana untuk pembangunan yang masih di garap oleh pihak pengelolaan wisata.

BACA JUGA:Patut Dicoba! Resep Pepes Pisang, Camilan Lezat dan Menyehatkan dari Indonesia untuk Menemani Weekend

Nah jika pengunjung tertarik dengan destinasi religi ini bisa banget dikunjungi untuk menambah kekuatan iman kita betapa indah nya alquran raksasa ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: