Sekda Supriono Klaim Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Tertinggi di Pulau Sumatera

Sekda Supriono Klaim Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Tertinggi di Pulau Sumatera

Sekda Provinsi Sumsel Ir SA Supriono klaim pertumbuhan ekonomi Sumsel tertinggi di Pulau Sumatera. Foto: Naba/sumeks.co--

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Apresiasi Capaian Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan IPM Kota Prabumulih

Realisasi pengadaan semen juga meningkat sebesar 3,80 persen dari tahun ke tahun. 

Pengeluaran konsumsi rumah tangga per kapita mengalami kenaikan signifikan sebesar 20,10 persen secara tahunan. 

Selain itu, realisasi belanja modal pemerintah meningkat drastis, yaitu sebesar 99,67 persen secara tahunan dan 50,83 persen secara kuartalan.

Pertumbuhan yang signifikan berasal dari sektor pertambangan sebesar 10,23 persen, diikuti oleh sektor transportasi dengan kenaikan 5,88 persen, serta sektor akomodasi dan makanan yang mencapai pertumbuhan 12,93 persen.

BACA JUGA:Dorong Pertumbuhan Ekonomi, SKK Migas Ajak Stakeholder Bangun Kolaborasi Strategis

"Kami berkomitmen untuk mempertahankan pencapaian ini, dan akan meningkatkan upaya-upaya di masa mendatang, termasuk pengendalian inflasi," tuturnya. 

Dalam acara tersebut, Supriono memberikan penghargaan atas upaya keras yang dilakukan oleh berbagai pihak dalam mengembangkan ekonomi Sumatera Selatan. 

"Semangat kolaborasi dan kerja keras ini mencerminkan tekad bersama untuk menghadapi era post-normal dengan pendekatan yang lebih dari sekadar profesional, mengingat norma-norma yang sudah tidak relevan," tutupnya. 

Sementara, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Nurcahyo Heru Prasetyo menyatakan bahwa sepanjang tahun 2023, kinerja perekonomian Sumatera Selatan telah menunjukkan tingkat ketahanan yang lebih tinggi dan kemampuan untuk pulih dengan lebih kuat. 

BACA JUGA:Rapat Paripurna Istimewa Ungkap Angka Harapan Hidup, Pertumbuhan Ekonomi dan Tikat Kemiskinan di Palembang

Pencapaian pertumbuhan ekonomi tersebut terbukti dengan peringkat kedua pada kuartal pertama dan menjadi juara pada kuartal II dan III tahun 2023 di wilayah Sumatera.

Kendati iti Nurcahyo juga mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan secara konsisten berada di atas pertumbuhan ekonomi wilayah Sumatera dan nasional selama tiga triwulan berturut-turut. 

"Prestasi ini dapat diatribusikan kepada kerja keras dan kerjasama dari semua pihak terkait di Sumatera Selatan," tambahnya.

Nurcahyo juga menyampaikan apresiasi khusus kepada Sekretaris Daerah Sumatera Selatan beserta seluruh jajaran atas pengawasan dan kontribusinya dalam pencapaian tersebut.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: