Jangan Sampai Salah, Ini Tips Melakukan Eksfoliasi Wajah yang Aman untuk Semua Jenis Kulit

Jangan Sampai Salah, Ini Tips Melakukan Eksfoliasi Wajah yang Aman untuk Semua Jenis Kulit

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Punya kulit wajah yang kusam, pori-pori besar, komedo dan permasalahan wajah lainnya termasuk ciri-ciri kulit yang tidak pernah dieksfoliasi.

Penyebab utamanya tidak lain adalah sel kulit mati yang menumpuk dan tidak dibersihkan dengan rutin sehingga membuat kulit menjadi kusam, berjerawat hingga menimbulkan permasalahan lain pada wajah.

Untuk itu, pentingnya melakukan perawatan yang bisa membantu mengurangi serta mengangkat sel kulit mati dengan cara eksfoliasi kulit wajah.

Eksfoliasi merupakan cara paling efektif untuk mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati pada wajah yang biasanya berada pada lapisan terluar kulit.

BACA JUGA:Wanita Wajib Tahu! Kenali Dulu Jenis Kulit Wajah Sebelum Memulai Perawatan

Nah perawatan ini bisa dilakukan di rumah maupun di klinik kecantikan.

Dilakukannya eksfoliasi wajah ini selain untuk mengangkat sel kulit mati, ada banyak hal yang bisa didapatkan diantaranya dapat membantu memperbaiki warna dan tekstur kulit jadi kulit akan secara otomatis beregenerasi dan merangsang sel-sel jaringan kulit baru tumbuh.

Selain itu juga bisa mengoptimalkan bahan aktif dari skincare lebih meresap ke kulit wajah sehingga akan masuk ke dalam lapisan kulit dan membuat skincare lebih berfungsi.

Selanjutnya efek lain yang dikeluarkan dari eksfoliasi wajah yakni bisa mencerahkan kulit karena sel kulit mati terangkat maka aliran darah akan lebih lancar dan sehat khususnya pada kulit wajah.

BACA JUGA:10 Minuman dan Makanan Ini Berakibat Penuaan pada Kulit Wajah

Nah jangan salah ya semua tipe kulit perlu dan wajib melakukan eksfoliasi bahkan tidak sampai disitu saja ini juga berlaku untuk usia remaja.

Tapi tetap saja hal ini tentu harus disesuaikan dengan berbagai kondisi, kebutuhan, dan jenis kulit masing-masing jadi tetap harus memperhatikan jenis eksfoliasi yang cocok dengan kulit.

Lalu penting untuk diingat bahwa meski banyak manfaatnya, eksfoliasi tidak disarankan berlebihan karena malah akan mengikis jaringan kulit bahkan menyebabkan permasalahan lain yang lebih serius seperti kulit kemerahan, iritasi dan jerawatan.

Untuk itu ada 2 cara yang bisa dilakukan dalam melakukan eksfoliasi wajah yakni eksfoliasi mekanik dan kimiawi dimana keduanya termasuk cara yang aman.

BACA JUGA:3 Cara Mengatasi Jerawat dan Kulit Wajah Kusam

Eksfoliasi mekanis artinya cara mengangkat sel kulit mati dengan cara menggunakan scrub, serat microfiber, sikat halus, kristal gula atau garam, dan sponge.

Nah teknik ini jika dilakukan di klinik kecantikan biasanya disebut dengan tindakan dermaplaning atau mikrodermabrasi.

Sementara itu untuk eksfoliasi kimia mengandalkan bahan-bahan aktif yang bersifat asam seperti yang bersifat asam seperti alpha hidroxy acid (AHA), beta hydroxy acid (BHA), lactic acid, citric acid, dan lain-lain.

Teknik ini biasanya menimbulkan rasa cekat-cekit pada wajah hingga pengelupasan yang tergantung dengan konsentrasi bahan aktif yang digunakan.

BACA JUGA:Lima Buah ini Bisa Kencangkan Kulit Wajah Anda

Untuk melakukan eksfoliasi kimiawi dirumah tentu harus menggunakan bahan kimia dengan konsentrasi yang aman, ringan dan rendah.

Melakukan eksfoliasi ini disarankan hanya dua minggu sekali saja khususnya dirumah karena waktu ini dianggap cukup bisa menjaga dan merawat kulit tetap cerah.

Berbeda dengan pemilik kukit sensitif, disarankan untuk tidak terlalu sering melakukan eksfoliasi setidaknya satu kali dalam seminggu saja.

Bisa juga dengan memuat jadwal rutin untuk eksfoliasi kulit, baik itu di klinik kecantikan atau di rumah.

BACA JUGA:Kulit Wajah Kusam, Ini Tips Merawat Agar Bersinar

Melakukan eksfoliasi sebelumnya harus tahu dahulu jenis tipe kulit karena beda jenis kulit maka beda pula cara eksfoliasinya.

Penting untuk memperhatikan dan terus hati-hati bagi oe milikmu kulit sensitif, disarankan untuk menggunakan eksfoliasi teknik mekanik yang juga tidak boleh terlalu kuat atau kasar karena bisa menimbulkan iritasi.
 
Kemudian bagi yang punya kulit normal, bisa menggunakan scrub atau eksfoliator kimia secara berkala dalam kurun waktu dua kali dalam seminggu untuk hasil yang efektif.
 
Untuk kulit berminyak juga jangan over-exfoliate karena kemungkinan akan membuat produksi minyak semakin banyak dan sel mati akan lebih mudah menumpuk.

BACA JUGA: Pemilik Kulit Sensitif Hati-Hati! Ini 5 Kandungan Skincare yang Perlu Dihindari Pemakaiannya
 
Dan terakhir untuk mereka yang memiliki kulit kering, bisa memilih bahan- bahan eksfoliasi yang ringan dan ingat selalu untuk jangan lupa pakai pelembab setelahnya.

Pelembab atau skincare yang mengandung hyaluronic acid yang tinggi akan sangat penting dan dibutuhkan guna mengunci kelembaban kulit setelah melakukan eksfoliasi di kulit wajah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: