Kecanduan Game Online

Kecanduan Game Online

Keisha Lasita Judaza.--

BACA JUGA:Lagi Kasus Karhutla di Wilayah Sumsel Bertambah 2 SPDP Perorangan, Kemana Korporasi?

Karena tak jarang pada game online terdapat adegan kekerasan.cyberbullying juga kerap terjadi Ketika bermain game online.

Tak hanya itu seseorang tersebut biasanya akan lebih suka menyendiri, dan susah untuk bersosialisasi.sebagai bunda literasi oku timur dr. Sheila noberta Spa mkes mengatakan cara mencegah kecanduan game online adalah membatasi penggunaan gawai,melakukan aktivitas fisik,serta melakukan aktifitas yang lebih bermanfaat seperti membaca.

 

Menurut lapiran We Are Social, pada kuartal I 2022 ada 94,9% sampel pengguna internet di Indonesia yang memainkan video game di berbagai perangkat.

Angka ini menempatkan Indonesia di peringkat kedua sebagai negara dengan  proporsi pemain video game  terbnayak 94,9%. Di peringkat satu ada Filipina, dengan persentase 96,6% (wantiknas.go.id).

BACA JUGA:2 Penumpang Getek yang Hilang di Muara Baru Banyuasin Usai Ditabrak Tug Boat Ditemukan Tak Bernyawa

Hal ini menyebabkan tingginya resiko kecanduan game online di Indonesia,maka dari itu kita harus mencegah kecanduan game online terutama pada kalangan remaja.

Ada banyak sekali pengguna game online diindonesia,karena mudahnya akses untuk memainkannya.tenaga ahli madya kantor staf presiden Abraham wirotomo mengatakan sudah menjadi tugas pemerintah untuk mengantisipasi munculnya kasus kecanduan game online terutama pada anak-anak.

Beberapa kebijakan pemerintah untuk mencegah kecanduan game online salah satunya upaya pemberian rating pembatasan pada umur yang ada (inet.detik.com).ada banyak anak anak di bawah umur yang bermain game online ,di harapkan agar kebijakan seperti ini dapat mengurangi kecanduan game online pada remaja.

Beberapa cara mengatasi seseorang yang sudah terlanjur kecanduan game online,adalah dengan cara membatasi penggunaan game online seperti membatasi waktu dan akses ke game tersebut.

BACA JUGA:Maudy Ayunda Banjir Kritikan, Disebut Sombong Karena Tidak Respon Sapaan Fans

Menjalani perilaku hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan melakukan aktivitas fisik.

Jika kecanduan game online sudah terlalu parah minta lah bantuan professional untuk mengatasi nya seperti psikolog.

Itu berarti kecanduan nya sudah sangat parah.maka dari itu mencegah kecanduan game online sangat penting, karena ada banyak sekali dampak negatifnya baik pada Kesehatan tubuh dan mental. Jika kecanduan game online semakin parah maka semakin sulit pula untuk di sembuhkan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: