Kecanduan Game Online

Kecanduan Game Online

Keisha Lasita Judaza.--

SUMEKS.CO - Perkembangan teknologi zaman sekarang sangat pesat. Terdapat banyak sekali aplikasi-aplikasi yang memiliki fungsinya masing-masing  salah satunya game online.

Game online diminati banyak orang terutama para remaja. Ada banyak sekali game online yang terkenal di kalangan remaja seperti mobile lagend, free fire, PUBG dan lain sebagainya.

Bahkan, para remaja tidak tahu waktu Ketika memainkan game online dan tak mempedulikan tubuhnya yang sudah Lelah mereka biasanya lupa untuk makan, mandi, dan istirahat.

Pemerintah sedang menggarap kebijakan untuk mendukung perkembangan industry game dan e sport di Indonesia.

BACA JUGA:WAW! Pemkab Banyuasin Terima Bantuan Dana Rp 76 Miliar

Namun, disisi lain badan Kesehatan dunia (world health organization / WHO) menetapkan kecanduan game online sebagai salah satu bentuk penyakit mental yaitu disorders jue to addictive behvior.

Kecanduan game online bisa dikatakan sebagai penyakit bila memmenuhi 3 hal yaitu jika gamer tak hisa mengendalikan kebiasaan bermain game, mulai memprioritaskan game di atas kegiatan lainnya, dan terus bermain game meski ada konsekunesi negatif yang jelas terlihat (halodoc.com) yang berarti game online memiliki dampak positif yaitu sebagai  e sport, melatih konsentrasi, dan lain sebagainya. Namaun, jika berlebihan akan berdampak buruk.

Kecanduan game sudah sangat banyak terlihat dilingklungan remaja. Menurut seorang pecandu game online yang sudah lama meningggalkan game online berkata alasan kebanyakan pecandu game online memainkan game online adalah karena rasa bosan.

Tak hanya itu ia juga berkata sering lupa melakukan aktivitas sehari-hari bahkan sampai melakukan hal negative karena kekalahan seperti, berkata kasar dan menghancurkan barang.

BACA JUGA:Kok Bisa! Kabut Asap di Kayuagung Kian Pekat, Kualitas Udara Kategori Sedang

Serta uang seorang pecandu game online menjadi terkuras habis karena telah melakukan pembayaran dalam game atau top up tak jarang pula ada yang sampai mengacam orang tua untuk memberikan uang agar ia bisa melakukan pembayaran dalam game.

Dampak negative pada tubuh yang di sebabkan game online sangat banyak.menurut dr.sheila noberta spa.mkes dampak negative game online pada tubuh sangat beragam.

Sinar biru pada gawai dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata,tak hanya itu, jika seseorang bermain game online secara terus menerus tanpa melakukan aktivitas fisik lainnya maka dapat menyebabkan keram otot, memperbesar resiko obesitas kerusakan pada postur tubuh terutama di bagian tulang belakang seperti hiperlordosis skoliosis,dan masih banyak lagi,

Game online dapat mempengaruhi kondisi mental seseorang. Dr Sheila noberta spa.mkes beranggapan bahwa seseorang remaja yang bermain game online cenderung memiliki perilaku kekerasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: