Tekan Angka Kecelakaan Sepeda Motor, Ini Tips Berkendara Aman Ala Suzuki

Tekan Angka Kecelakaan Sepeda Motor, Ini Tips Berkendara Aman Ala Suzuki

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Menekan angka kecelakan sepeda motor, Suzuki Indonesia mengajak seluruh pengendara untuk bekendara dengan lebih bijak.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna sepeda motor tebesar di dunia, sehinga tidak mengherankan jika sering tejadi kecelakan.

Banyak faktor penyebab terjadi kecelakan pada sepeda motor. Salah satunya pemicu utama adalah kurangnya kesadaran pengendara. 

Menurut data Direktur Keamanan dan Keselamatan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia, dikutip dari laman suzuki.co.id, jumlah korban kecelakaan sepeda motor per hari di Indonesia pada tahun 2023 mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Inilah 15 Cara Ampuh Atasi Rem Depan Motor yang Keras

Pada tahun 2023 angka kematian akibat kecelakan sepeda motor berada di angka 17 hingga 22 persen, dimana  dalam setiap 5 kasus kecelakan terjadi 1 angka kematian, dengan rasio 5:1.

Rawan terjadinya kecelakan yang terjadi di pagi hari pukul 06.00 – 08.00 Wib pada pagi hari saat jalanan dipadati masyarakat yang berangkat kerja atau siswa sekolah.

Sementara, saat sore jam 15.00 – 18.00 Wib ketika masyarakat  akan mengakhiri hari dan pulang ke rumah.

Suzuki Indonesia memaparkan bahwa kecelakan terpicu oleh tiga faktor utama yaitu: manusia, lingkungan, dan kendaraan. 

BACA JUGA:Ingin Body Motor Tetap Terawat? Anak Motor Wajib Ikuti 12 Tips Berikut Ini

- Faktor manusia, pengendara sering kali abai dan lalai dalam menjaga keselamatan diri saat berkendara seperti melangar rambu lalu lintas, tidak safety riding, serta emosional turut menjadi kecelakan.

- Faktor lingkungan atau jalanan seperti kondisi jalan yang tidak rata, minim penerangan jalan, serta tidak tersedianya rambu lalu lintas untuk mengatur pengendara di jalan.

Serta, faktor keteledoran pengendara lain menjadu faktor eksternal yang dapat menyebabkan kecelakaan. 

- Faktor kendaraan juga bisa memicu terjadinya kecelakaan seperti kelalaian dalam merawat dan memelihara mesin serta komponen kendaraan saat pemakaian sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: