Ingin Terhindar dari Penyakit, Ribuan Masyarakat Ikuti Senam Jantung Sehat Bersama Bupati OKU Timur

Ingin Terhindar dari Penyakit, Ribuan Masyarakat Ikuti Senam Jantung Sehat Bersama Bupati OKU Timur

Ribuan masyarakat ikuti senam jantung sehat, dalam rangka Hari Jantung Nasional, di Taman Tani Merdeka, Martapura, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan, Minggu 15 Oktober 2023. --

OKU TIMUR, SUMEKS.CO - Ribuan masyarakat ikuti senam jantung sehat, dalam rangka Hari Jantung Nasional, di Taman Tani Merdeka, Martapura, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan, Minggu 15 Oktober 2023. 

Senam bersama dan juga pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah tersebut digelar Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata OKU Timur, bersama Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Kabupaten OKU Timur.

Giat itu sebagai bentuk upaya pemerintah OKU Timur merubah perilaku yang bersifat promotif dan preventif untuk mencegah penyakit jantung.

Bupati OKU Timur Ir H Lanosin, MT, yang juga sebagai Penasihat YJI Kabupaten OKU Timur mengatakan bahwa penyakit jantung dapat disebut sebagai "Silent Killer", hal ini dikatakannya karena penyakit jantung dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia.

BACA JUGA:Tak Pengaruh Kemarau, Harga Cabai-Sayur di Pasar Martapura Stabil

Untuk itu, Bupati meminta agar masyarakat OKU Timur untuk bersemangat untuk berolahraga agar terhindar dari penyakit, khususnya jantung.

"Saya inginkan masyarakat OKU Timur bebas dari penyakit jantung, seperti halnya penyakit malaria yang sudah kita dapatkan sertifikasinya dari Kemenkes yang saya ambil langsung di IKN, tuturnya.

Bupati juga mengucapkan selamat memperingati Hari Jantung Nasional, "Selamat Hari Jantung Nasional, terus bersemangat kita usir penyakit jantung di OKU Timur." Pungkasnya.

Sementara itu, Ketua YJI Kabupaten OKU Timur dr Sheila Noberta SpA MKes mengatakan bahwa selain senam, kegiatan ini juga dirangkai dengan donor darah serta konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis, dengan adanya itu, dirinya berharap masyarakat dapat teredukasi dengan baik.

BACA JUGA:Langsung Gaspol Cek Proggress Jalan Tol Baleno, Pj Bupati Apriyadi Yakin Selesai Tepat Waktu

"Harapan saya dengan adanya konsultasi kesehatan dapat mengedukasi pasien untuk menjalankan panca usaha jantung supaya jantung kita tetap sehat dan bisa berdetak lebih lama lagi," imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya bahwa senam jantung ini bisa dipakai seluruh kalangan tanpa batas usia.

"Senam ini ada serinya, jadi saya rasa sangat cocok untuk tubuh kita sesuai dengan usia, semoga senam jantung sehat ini bisa familiar di masyarakat dan bisa dipakai olahraga sehari-hari," jelasnya. 

Duta Literasi Provinsi Sumatra Selatan Ratu Teny Leriva HD, SKed yang turut berbaur dengan masyarakat mengikuti senam mengapresiasi kegiatan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: