Tips Merawat Mobil Setelah Menempuh Perjalanan Jarak Jauh, Rem dan Oli Wajib Diperhatikan

Tips Merawat Mobil Setelah Menempuh Perjalanan Jarak Jauh, Rem dan Oli Wajib Diperhatikan

--dok : sumeks.co

BACA JUGA: 8 Trik Menghemat Bahan Bakar Mobil Suzuki Celerio, Kantong Dijamin Anti Jebol

Pastikan juga komponen kaki-kaki tidak menimbulkan suara berlebih. Untuk itu, pengguna mobil sangat disarankan untuk melakukan spooring and alignment agar roda dan kaki-kaki tetap nyaman dan aman saat digunakan.

Periksa Sistem Pengereman, Ban dan Lampu

Sistem rem merupakan salah satu bagian terpenting selama berkendara. Setelah menempuh perjalan panjang pastikan memeriksa keadaan cakram dan kampas rem. Jika ada mengalami kerusakan seperi aus, segera ganti baru agar perjalana selanjutnya tetap aman ketika digunakan.

Selain rem, Ban juga menjadi bagian mobil yang penting untuk diperhatikan, setelah perjalanan jauh, periksa tekanan udara dan pastikan ban tidak gundul secara tidak merata. 

BACA JUGA:Tampilan Mewah Harga Murah, 6 Mobil Suzuki Terbaru 2023 Ini Paling Dicari Konsumen

Ganti ban yang sudah terlalu aus untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara saat perjalan jauh. 

Sementara jika lampu indikator mesin menyala selama perjalanan, jangan diabaikan ini dapat menandahkan terjadi masalah yang perlu segera diatasi.

Bawa mobil ke bengkel untuk melakukan service dan memeriksa kode kesalah dan mengatasi masalahnya. 

Lindungi Kaca dan Lampu

BACA JUGA:Daftar Mobil Bekas Harga Rp 50 jutaan, Ada Suzuki Celerio Lho!

Kaca dan lampu depan mobil sangat rawan terkena kotoran dan batu-batu kecil selama perjalanan. Selalu pastikan untuk membersihkan kaca dengan memeriksa apakah ada kerusakan atau retak.

Jika terjadi kerusakan segera digantik atau perbaik segera agar tetap berfungsi seperti semula, saat kaca dan lampu mengalami retak tentu cukup menggangu saat berkendara.

Selain perawatan khusus setelah perjalanan jauh, jangan lupa untuk menjaga perawatan rutin mobil seperti sevice rutin di bengkel terdekat. 

Ini termasuk mengganti oli secara teratur, memeriksa tekanan ban, dan menjaga sistem rem dalam kondisi baik. Perawatan rutin akan membuat mobil selalu siap untuk perjalanan berikutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: