Tips Merawat Mobil Setelah Menempuh Perjalanan Jarak Jauh, Rem dan Oli Wajib Diperhatikan

Tips Merawat Mobil Setelah Menempuh Perjalanan Jarak Jauh, Rem dan Oli Wajib Diperhatikan

--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Setelah melakukan perjalanan jarak jauh, mobil membutuhkan perawatan ekstra. Khususnya pada bagian mesin, oli dan rem. 

Mesin mobil mengalami kerja berat pada saat menempuh perjalanan jarah jauh, begitu juga dengan rem yang pastinya selalu digunakan selama perjalanan. 

Untuk lebih lengkap, bagian apa yang butuh perawatan setelah perjalanan jarak jauh? Berikut tips merawat mobil setelah dipakai  pada perjalanan jauh:

Membersihkan Interior dan Cek Sistem Pendingin

BACA JUGA:10 Tips Perawatan Mobil New Suzuki Celerio, Jadikan Mobil Kesayangan Prima dan Tetap Awet

Selain membersihkan bagian luar, pengguna juga dapat membersihkan interior dalam mobil. Bersihkan semua interior termasuk karpet kaki, dashboard, hingga kursi. Pastikan membersihkan interior menggunakan produk khusus yang lembut.

Perjalanan panjang mobil akan bekerja lebih keras. Hal penting untuk diperhatikan ialah sistem pendingin karena fitur ini yang sering kali digunakan dalam waktu lama. Pastikan jika cairan pendingin pada dikondisi baik.

Jika dirasa kurang tambahkan cairan pendingin flush sistem untuk menghilangkan kotoran yang mungkin terakumulasi.

Ganti Oli, Filter, dan Cek Kaki-kaki

BACA JUGA:Tips Agar Cat Mobil Tetap Awet, Mulai Sekarang Jangan Asal Saat Mencuci Mobil

Sistem mesin adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan setelah perjalanan jauh, oli mungkin telah mengalami degradasi.

Ganti oli dan filter oli untuk memastikan mesin mobil tetap prima. Ini juga bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil saat sedang digunakan.

Selama bekendara jauh tidak jarang pengguna menghadapi kondisi medan jalan yang kurang rata atau mengangkut beban secara berlebih. 

Ini membuat komponen kaki-kaki seperti shockbreaker bekerja lebih ekstra sehingga rentan cepat aus. Maka dari itu, pengguan perlu memastikan jika shockbreaker mobil tidak mengalami kaaus atau kerusakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: