Inilah Perjalanan Presiden Soekarno dan Pemimpin Bangsa Sampai Gunung Menumbing

Inilah Perjalanan Presiden Soekarno dan Pemimpin Bangsa Sampai Gunung Menumbing

Menuju Bukit Menumbing Muntok Bangka, Pesanggrahan Soekarno--

Pro dan kontra ditimbulkan mengenai hasil tersebut. Dimana pihak Indonesia merasa perundingan itu sebagai sebuah kekalahan, sedangkan pihak Belanda merasa tidak puas terhadap hasil keputusan yang diberikan. 

Meminimalisir keadaan dari masing-masing pihak menurut (Sari, iskandar dan Basri, 2014:3) maka perundingan Linggarjati menghasilkan beberapa keputusan antara lain: 

1.Pengakuan secara de facto oleh Belanda atas tiga wilayah Sumatera, Jawa dan Madura, dan Belanda harus meninggalkan wilayah pengakuannya paling lambat Januari 1949. 

2. Indonesia dan Belanda sepakat membentuk Republik Indonesia Serikat yang merupakan bagian dari Indonesia. 

3. RIS dan Belanda bersama-sama membentuk Uni-Belanda diketuai oleh Ratu Belanda.

Hasil keputusan tersebut disetujui dan ditandatangani pada tanggal 25 Maret 1947 di Istana Rijswijk (Istana Merdeka), Jakarta. Respon tidak baik ditimbulkan kedua belah pihak. 

Terjadi kesalahpahaman atas penafsiran poin-poin yang diberikan dalam Perjanjian Linggarjati yang membuat adanya selisih pendapat yang diajukan (Susilo dan Wulansari, 2021:38). 

Pihak Belanda berusaha menekan Indonesia agar menerima usulannya. Usul tersebut dasarnya dapat merugikan Indonesia sendiri. 

Usulan pihak Belanda mendasar pada penafsiran pidato Ratu Wihelmina yang menyatakan bahwa Indonesia akan dijadikan sebagai anggota Commonwealth dan akan membentuk federasi. 

Indonesia merasa bahwa usul dari Belanda tersebut cukup memberatkan negaranya.

 Ditolaknya usulan tersebut, Belanda memutuskan untuk tidak terikat lagi pada Perjanjian Linggarjati.

 Sehingga Belanda dengan cepat mengambil tindakan untuk melancarkan Agresi Militer pertamanya tanggal 21 Juli 1947, bertujuan untuk menghancurkan RI baik dalambidang politik, ekonomi dan militer. 

Daerah-daerah yang menjadi sasaran Agresi Militer Belanda I ialah Jawa Barat, Semarang, Jawa Timur, Sumatera dan Yogyakarta berhasil dikuasai.

Gagalnya Belanda menghancurkan TNI Indonesia, tidak membuat pihak Belanda akan menyerah melainkan terus-menerus memikirkan strategi yang harus dilakukan untuk merebut wilayah Indonesia. 

Agresi Militer Belanda I tidak terlepas dari reaksi negara luar, seperti Amerika Serikat dan Australia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: