Inilah Perjalanan Presiden Soekarno dan Pemimpin Bangsa Sampai Gunung Menumbing

Inilah Perjalanan Presiden Soekarno dan Pemimpin Bangsa Sampai Gunung Menumbing

Menuju Bukit Menumbing Muntok Bangka, Pesanggrahan Soekarno--

Para pemimpin bangsa tersebut tiba di Pelabuhan Udara Kampung Dul Pangkal pinang (sekarang Bandara Depati Amir) dibawa ke Pesanggrahan Menumbing yang terletak di puncak Bukit Menumbing.

 Sedangkan Ir.Soekarno, H.Agus Salim dan Sutan Syahrir dibawa ke Berasatagi dan Parapat yang berada di Sumatera Utara, tetapi dipersatukan kembali ke Muntok.

Ini terjadi pada tanggal 6 Februari 1949 dan ditempatkan di Pesanggrahan BTW Muntok/Wisma Ranggam.

Serangan mendadak yang dilakukan oleh Belanda untuk merebut Ibukota Indonesia terjadi pada tanggal 19 Desember 1948. Serangan ini dikenal dengan Agresi Militer Belanda II. 

Adanya keterkaitan peristiwa tersebut dengan strategi Belanda mengasingkan para pemimpin Indonesia. 

Sehingga Belanda melibatkan dan menempatkan pemimpin-pemimpin tersebut di suatu tempat/daerah yang sudah menjadi kekuasaan Belanda sepenuhnya ialah di Kota Muntok (Pulau Bangka). 

Kota Muntok merupakan Ibukota Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dimana Muntok terletak di Ujung Barat Pulau Bangka

Berdasarkan dengan penjabaran yang diberikan, penulis disini ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai proses pengasingan pemimpin-pemimpin bangsa tersebut sampai ke Kota Muntok (Pulau Bangka). 

Tepatnya Gunung Menumbing atau pesanggrahan Menumbing.

(retno/*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: