Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, PT Pusri Palembang Sulap Enceng Gondok Jadi Sumber Energi Terbarukan

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, PT Pusri Palembang Sulap Enceng Gondok Jadi Sumber Energi Terbarukan

PT Pusri Palembang Sulap Enceng Gondok Jadi Sumber Energi Terbarukan.--

PALEMBANG, SUMEKS.COPT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), senantiasa berkomitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan.

Guna mewujudkan hal tersebut, Pusri memanfaatkan eceng gondok yang banyak ditemukan di Sungai Musi khususnya di Pulau Kemaro untuk menjadi sumber energi terbarukan berupa biomassa yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan yaitu bahan bakar memasak dan gasifikasi hasil pembakaran dapat menjadi sumber listrik.

Kegiatan Launching Program Energi Terbarukan, Biomassa Eceng Gondok dan Kapal Listrik Pulau Kemaro ini dihadiri oleh VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini, unsur muspika dan muspida setempat, Senin 9 Oktober 2023.

Program energi terbarukan di Pulau Kemaro pertama kali diinisiasi melihat dari permasalahan eceng gondok yang sangat melimpah di Sungai Musi dan kebutuhan transportasi masyarakat yang sehari-harinya menggunakan perahu sebagai moda transportasi utama.

BACA JUGA:PTBA Kembangkan Energi Biomassa dari Kaliandra Merah, Ternyata Ini Manfaatnya

Karena letak Pulau Kemaro yang berada di tengah-tengah Sungai Musi yang membutuhkan BBM.

Pusri bersama Comestoarra.com menginisiasi ide membuat modifikasi Perahu Listrik sehingga dapat memakai sumber energi terbarukan.

Ada sedikit perbedaan dari Perahu Listrik ini, yaitu menggunakan PV Solar sebagai energi tenaga surya dan baterai yang digunakan bersumber dari hasil gasifikasi biomassa, yang berasal dan dibuat dari campuran eceng gondok yang melimpah di pesisir Pulau Kemaro serta daun-daun kering yang ada di lingkungan Pusri.

Secara sederhana, biomassa adalah bahan organik yang dihasilkan dari tanaman dan biasanya digunakan sebagai energi dalam jumlah yang cukup besar.

BACA JUGA:10 Tips Merawat Tanaman Hias Agar Tetap Subur dan Segar di Musim Kemarau, Begini Caranya!

Beberapa contoh biomassa yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu rumput, pohon dan lain-lain.

Campuran tersebut diolah menjadi energi terbarukan dengan metode Teknologi Olah Sampah di Sumbernya (TOSS) dengan pendampingan Comestoarra.com.

Disampaikan VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini bahwa penggunaan perahu listrik ini akan dapat menurunkan timbulan emisi Gas Rumah Kaca dari sebelumnya pemakaian solar sebagai bahan bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: