Toyota dan Suzuki Kolaborasi Kembangkan Mobil Listrik Kecil

Toyota dan Suzuki Kolaborasi Kembangkan Mobil Listrik Kecil

Mobil bZ Small Crossover Concept yang dikembangkan Toyota ditargetkan untuk pasar Eropa dan Jepang.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Toyota memiliki banyak rencana untuk elektrifikasi, termasuk bZ Small Crossover Concept atau bZ Baby SUV yang diperkenalkan pada Desember 2021.

Mobil konsep ini debut bersama 15 Mobil Toyota dan Lexus dalam bentuk render digital dan prototipe dengan penutup hitam yang mengungkapkan desain eksteriornya. 

Toyota menjelaskan bahwa bZ Small Crossover Concept ditargetkan untuk pasar Eropa dan Jepang, meskipun belum ada spesifikasi resmi, namun model ini menggunakan platform eTNGA dan memiliki dimensi yang mirip dengan Toyota Yaris Cross.

Selain itu, Toyota dan Suzuki juga berencana untuk mengembangkan lini elektrifikasi bersama dengan target peluncuran pada tahun 2025. 

BACA JUGA:Berikut Perbandingan Mesin Hybrid Nissan Kicks Vs Toyota Kijang Innova Zenix, Mana Yang Lebih Gacor?

Hal ini karena ada beberapa alasan yang mendorong kedua merek otomotif Jepang tersebut untuk berkolaborasi. 

Toyota dan Suzuki sering bekerja sama dengan melakukan rebadging kendaraan dan berbagi teknologi untuk memenuhi kebutuhan konsumen global. 

Hasil kerja sama ini telah dijual di berbagai wilayah, termasuk Eropa, India, Afrika Selatan, dan Asia Tenggara.

Suzuki diakui memiliki keahlian dalam mengembangkan dan memproduksi kendaraan kecil seperti city car, sehingga menjadikannya mitra yang cocok bagi Toyota.

BACA JUGA:Suzuki Jimny Siap-Siap Digoyang, Toyota Land Cruiser Mini Bulan Depan Mulai Dipasarkan

Toyota, yang dikenal dengan logo T, bertujuan memimpin penjualan mobil listrik berukuran kecil di pasar domestik, yaitu Jepang. 

Namun, ada kemungkinan bahwa bZ Baby SUV juga akan ditawarkan kepada konsumen global.

Peluncuran bZ Baby SUV mungkin akan bersamaan dengan eVX, yang merupakan mobil listrik pertama dari Suzuki dan akan tersedia di pasar global.

Tidak lama setelah merilis bZ4X, Toyota juga telah menggoda dengan teaser bZ Compact SUV melalui akun X @Toyota_PR. Perlu dicatat bahwa ini berbeda dengan bZ Baby SUV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: