Bahas Raperda Pemajuan Kebudayaan Daerah, DPRD Bangka Selatan Sambangi Kemenkumham Babel

Bahas Raperda Pemajuan Kebudayaan Daerah, DPRD  Bangka Selatan Sambangi Kemenkumham Babel

DPRD Bangka Selatan Sambangi Kemenkumham Babel.--

PANGKALPINANG, SUMEKS.CO - Bahas Raperda Pemajuan Kebudayaan Daerah, DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Bangka Selatan sambangi Kemenkumham Babel, Senin 3 Oktober 2023.

Kunjungan tersebut membahas mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Bangka Selatan tentang Pemajuan Kebudayaan Daerah.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Babel, Harun Sulianto menuturkan, pemajuan kebudayaan daerah merupakan upaya meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia di tengah peradaban dunia melalui pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan.

Dikatakan Harun, terkait pelestarian budaya daerah perlu dicatatkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

BACA JUGA:BRI dan Kemendag Kolabs Latih UMKM Bandung Raya Tembus Pasar Ekspor

“Namun agar ada perlindungan hukum, maka perlu juga dicatatkan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM sebagai Kekayaan Intelektual Komunal (KIK),” ujar Harun.

Kakanwil Harun menuturkan bahwa sudah menjadi tugas bersama untuk melindungi, menjaga dan memelihara kebudayaan daerah agar tetap Lestari di era modernisasi.

Harun Sulianto berharap, melalui pembentukan Raperda Pemajuan Kebudayaan Daerah dapat mengoptimalkan peran Pemerintah Daerah dalam melestarikan kebudayaan daerah.

Ketua Pansus II DPRD Kabupaten Bangka Selatan, H. Abu Ahiri menyampaikan, Perda ini merupakan inisiatif dari DPRD Bangka Selatan yang bertujuan agar ada kepastian hukum dalam upaya perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan pemajuan kebudayaan di Kabupaten Bangka Selatan.

BACA JUGA:Siap-siap, Berkas 3 Tersangka Kasus KONI Sumsel yang Menjerat Hendri Zainuddin Cs Segera Rampung

“Namun kami masih perlu diskusi mendalam dengan Kementerian Hukum dan HAM, terkait penetapan Objek Cagar Budaya serta perlindungan kebudayaan, dan hal teknis lainnya” ujar Abu.

Menanggapi hal tersebut, Perancang Peraturan Perundang-Undangan Madya, Muhamad Iqbal menyampaikan, Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan mengatur 4 ruang lingkup utama yaitu, perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan.

Peraturan Pelaksanaan dari Undang-Undang tersebut adalah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 87 Tahun 2021 yang mengatur mengenai rencana induk pemajuan kebudayaan, sistem pendataan kebudayaan terpadu; pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, pembinaan dan penghargaan terkait pemajuan kebudayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: