Ini 5 Manfaat Mengkonsumsi Buah Sukun, Nomor 1 Bisa Turunkan Gula Darah

Ini 5 Manfaat Mengkonsumsi Buah Sukun, Nomor 1 Bisa Turunkan Gula Darah

Buah sukun yang mirip nangka. Buah ini dapat diolah menjadi cemilan ataupun sayur.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Buah sukun yang bisa diolah menjadi berbagai makanan, ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah sukun bernama latin artocarpus altilis, termasuk sebagai salah satu buah tropis yang bentuknya sekilas mirip nangka.

Kendati demikian buah sukun memiliki warna daging buah putih yang empuk dan terbilang manis.

Buah sukun juga termasuk yang banyak digemari karena bisa diolah menjadi berbagai macam camilan lezat, seperti sukun goreng, keripik, dan kolak.

BACA JUGA:Buah Gowok Punya 5 Manfaat Ini untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Scabies

Bahkan di beberapa daerah tak jarang buah sukun juga diolah menjadi tepung untuk kemudian dimasak.

Nah buah sukun juga memiliki kandungan nutrisi didalamnya seperti karbohidrat kompleks, protein, serta, air, mineral seperti kalium, zat besi, kalsium, magnesium, zinc, dan fosfor, dan juga ragam vitamin seperti vitamin B, vitamin C, beta karoten, riboflavin, dan niasin.

Karena kandungan inilah yang membuat buah sukun bernilai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Ditambah lagi adanya kandungan antioksidan seperti flavonoid dan polifenol di dalamnya yang sangat tinggi membuat tingkatan sukun bernilai tinggi dibandingkan dengan makanan sumber karbohidrat lainnya, seperti beras dan kentang.

BACA JUGA:Kalian yang Sedang Diet Perlu Tahu, 4 Buah Ini Malah Bikin Berat Badan Cepat Naik

Kandungan nutrisi pada buah sukun mengandung ragam mineral dan vitamin yang lebih banyak dan lengkap dengan nilai kalori yang lebih rendah.

Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah sukun, simak penjelasannya yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Menurunkan gula darah

Dengan berbagai nutrisi yang terkandung seperti serat dan protein pada buah sukun ini bisa menurunkan kadar gula darah serta menjaganya agar tetap stabil.

BACA JUGA:Benarkah Makan Buah Salak Malah Bikin Susah BAB? Ini Faktanya

Selain itu pada buah sukun juga memiliki indeks glikemik yang rendah yaitu 23-60 dimana tidak akan cepat mempengaruhi kenaikan kadar gula darah.

Adanya manfaat satu ini pada buah sukun bisa berpotensi menjadi salah satu makanan yang baik serta pemgobatan untuk penderita diabetes.

Serat pada buah sukun akan melewati berbagai saluran pencernaan secara perlahan kemudian, makanan akan membutuhkan waktu untuk dicerna.

Nah dengan begitu, nantinya kadar glukosa darah tidak akan melonjak setelah makan.

BACA JUGA:Ini 5 Manfaat Buah Buni yang Tidak Banyak Orang Tahu

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah sukun termasuk yang memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga bisa menjaga kesehatan dan mencegah gangguan pada kesehatan jantung.

Kalium ini nantinya akan membantu melancarkan aliran darah melalui arteri dengan cara mengatur kontraksi otot di jantung yang bisa membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. 

Selain itu, buah ini juga mengandung serat dimana studi menunjukkan bahwa serat makanan bisa membantu mengurangi kolesterol.

BACA JUGA:Mirip Ceremai, Ini 6 Manfaat Buah Malaka untuk Kesehatan Dibalik Rasanya yang Asam

Hal ini karena serat bisa mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari dalam tubuh yang mana dengan kata lain mengonsumsi sukun bisa menghindarkan dari berbagai penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke dan lain-lain.

3. Meredakan nyeri sendi dan otot

Buah sukun disebut sebagai makanan yang kaya akan senyawa fenolik, seperti stilbenoid, flavonoid, coumarin, dan xanthones.

Dikutip dari berbagai sumber, penelitian menunjukkan dengan adanya senyawa ini akan menimbulkan efek yang memiliki sifat anti-inflamasi yang mana nanti bisa membantu dalam mengobati berbagai gangguan seperti rematik dan nyeri otot.

BACA JUGA:5 Buah Yang Bisa Turunkan Kolesterol, Jangan Khawatir Makan Daging

4. Vitamin C yang tinggi

Kandungan vitamin pada sukun tentunya akan membawa manfaat untuk kesehatan salah satunya adalah vitamin C yang tinggi.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah sukun bisa meningkatkan kesehatan pada kulit yang mana sintesis kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit dan juga meregenerasi sel-sel kulit baru. 

Vitamin C juga bisa melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat sinar matahari yang sangat berbahaya.

BACA JUGA:Mirip Tomat, Ini 6 Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu vitamin C juga bisa membantu mengurangi dampak sinar UVA dan UVB yang berbahaya untuk kulit seperti kerutan, kelemahan kulit, tanda-tanda penuaan, dan lain-lain. 

5. Meningkatkan kesehatan pada mata

Buah sukun kaya akan karotenoid dimana kandungan satu ini bisa berubah menjadi vitamin A.

Nah sebagaian besar orang pasti menegtahui bahwa mengkonsumsi makanan yang tinggi vitamin A bisa membantu menjaga kesehatan mata.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Mahkota Dewa dan Cara Mengolahnya

Nah itu dia 5 manfaat dalam mengkonsumsi buah sukun, tapi perlu diketahui bahwa mengkonsumsi buah sukun secara berlebihan malah akan menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Jadi disarankan agar mengkonsumsi buah hanya pada batas normal saja dan tidak berlebihan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: