5 Manfaat Buah Mahkota Dewa dan Cara Mengolahnya

5 Manfaat Buah Mahkota Dewa dan Cara Mengolahnya

Buah mahkota dewa --dok : sumeks.co

5 Manfaat Buah Mahkota Dewa dan Cara Mengolahnya

SUMEKS.CO Buah mahkota dewa atau simalakama ini merupakan buah asli Indonesia yang dipercaya punya banyak manfaat.

Tanaman dengan nama latin Phaleria macrocarpa ini memiliki warna merah merona dengan berbentuk bulat dengan banyak nutrisi yang terkandung didalamnya.

Kandungan antioksidan yang ada dalam mahkota dewa tersebut diantaranya flavonoid, alkaloid, tanin, dan saponin.

BACA JUGA:5 Buah Yang Bisa Turunkan Kolesterol, Jangan Khawatir Makan Daging

Selain itu dari kandungan ini pula membuah buah satu ini memiliki sifat  antidiabetes, anti-hiperlipidemia, antiinflamasi, antibakteri, antijamur, antioksidan dan efek vasorelaxant.

Namun kendati demikian, tanaman atau buah herbal satu ini tidak disarankan untuk dimakan secara langsung karena diperlukan pengolahan terlebih dahulu.

Lantas apa saja manfaat dari buah mahkota dewa atau simalakama ini untuk kesehatan tubuh? Simak ulasan berikut ini.

1. Mengurangi gejala diabetes

BACA JUGA:Penderita Diabetes Wajib Tahu, Ini Obat Herbal Alami yang Ampuh Kendalikan Gula Darah

Penyakit diabetes adalah penyakit kronis dimana kadar gula darah atau glukosa berada diangka hingga diatas rata-rata normal.

Dalam buah mahkota dewa ini terdapat kandungan saponin yang diketahui bisa menghambat pemecahan karbo menjadi gula didalam tubuh.

Kemudian ada kandungan tannin yang sangat bermanfaat dalam mengurangi penyerapan gula ke saluran pencernaan agar tubuh lebih mudha terkontrol dan juga mencegah terjadinya diabetes.

Lalu ada juga kandungan saponin yang ada didalam buah mahkota dewa yang diklaim dapat berfungsi sebagai insulin untuk mengatur kadar gula pada dan dalam tubuh.

BACA JUGA:Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Jaga Kesehatan Jantung dan Lambung

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan antioksidan yang berupa flavonoid didalam buah mahkota dewa ini dapat membantu menurunkan tekanan darah terutama untuk penderita hipertensi.

Flavonoid ini dapat membnatu melemaskan pembuluh darah sehingga dapat mencegah kerusakan dinding pembuluh darah dimana akan memicu kenaikan darah.

3. Obat asam urat

BACA JUGA:Penderita Asam Urat Hindari Jenis Makanan Ini, Nomor 1 Jangan Coba-Coba

Penyakit asam urat merupakan salah satu bentuk radang sendi yang terjadi karen penumpukan Kristal asam urat.

Salah satu cara untuk meredakan gejalanya adalah dengan mengonsumsi suplemen atau olahan buah mahkota dewa karena mengandung antioksidan seperti polifenol dimana dapat menghambat produksi asam urat secara efektif bagi tubuh.

Selain itu senyawa aktif tersebut diketahui memiliki sifat antiradang sehingga dapat menghambat pembentukan asam urat dan juga sekaigus meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urin.

4. Mengatasi nyeri jantung

BACA JUGA:Rawat Jantung Anda dengan 3 Minuman ini

Sebuah penelitian dan juga studi menunjukkan bahwa sari dari buah mahkota dewa ini yang sudah dikeringkan sangat kaya akan flavonoid dan flavonol.

Kedua dari kandungan ini umumnya mengandung obat-obatan yang dapat berfungsi mengurangi kolesterol juga lemak sehingga dapat dengan otomatis menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

5. Anti bakteri

Kandungan antioksidan seperti flavonoid yang diantaranya adalah saponin, tannin dan saponin dapat mencegah infeksi bakteri gram positif.

BACA JUGA:Rempah ini Bantu Pelihara Kesehatan Jantung dan Atasi Kolesterol

Bakteri tersebut diantaranya adalah Bacillus subtilis, Bacillus cereus, Enterobacter aerogenes, Eschericia coli, Klebsiella pneumonia, Micrococcus luteus, Pseudomonas aeroginosa, Staphylococcus aureus.

Zat inilah yang dapat bekerja dengan menghambat sintesis asam nukleat, metabolisme energy dan juga meningkatkan fungsi membrane sitoplasma.

Nah itulah 5 manfaat dari mahkota dewa yang sangat baik untuk kesehatan namun berbeda dengan buah lainnya karena buah ini harus diolah dahulu sebelum dikonsumsi.

Ini sangat penting karena meskipun banyak memiliki kandungan yang baik namun buah ini terutama bijinya diketahui memiliki racun yang membahayakan jika dikonsumsi langsung.

BACA JUGA:WOW! Bisa Bikin Wajah Glowing, Jantung dan Tulang Sehat, Sering Dibuang, dr Zaidul Akbar Kupas Manfaatnya

Berikut cara aman mengolah mahkota dewa agar dapat dikonsumsi.

1. Potong buah mahkota dewa menjadi potongan kecil dan tipis.

2. Keringkan irisan buah hingga menjadi benar-benar kering.

3. Simpan buah yang sudah kering ke dalam wadah yang bersih.

BACA JUGA:Mengenal Beras Porang yang Lebih Rendah Gula, Berikut Manfaatnya untuk Tubuh

4. Masukan 3-4 irisan buah yang kering ke dalam gelas.

5. Tuang air mendidih ke dalam gelas.

6. Minum selagi hangat.

Namun perlu diperhatikan jumlah konsumsi dan juga cara pengolahan karena jika tidak malah akan berisiko besar, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: