Benarkah Makan Buah Salak Malah Bikin Susah BAB? Ini Faktanya

Benarkah Makan Buah Salak Malah Bikin Susah BAB? Ini Faktanya

Buah salak--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Sebagian orang banyak yang menghindari makan buah salak pasalnya banyak orang menyebut bahwa mengkonsumsi buah salak ini menjadi pemicu konstipasi atau gangguan pencernaan, apakah benar?

Fakta membuktikan bahwa pernyataan tersebut merupakan mitos belaka dimana tidak terbukti kebenarannya malah terbukti dengan mengkonsumsi buah salak dapat memberi manfaat baik untuk pencernaan.

Ini karena buah salak diketahui mengandung serat dan juga tannin dimana kedua kandungan ini bisa menjadi kombo yang sangat berpengaruh untuk melancarkan pencernaan bahkan mencegah sulit BAB.

Serat yang ada pada buah-buahan bisa mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa dan racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Jerawat yang Membandel, Begini Menurut dr Sungadi Santoso

Jadi mengkonsumsi buah salak ini malah disarankan untuk orang-orang yang sedang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit karena kandungannya ini akan berfungsi sebagai antimikroba alami dalam usus.

Selain tidak menyebabkan susah BAB, ternyata salak juga bisa memberikan segudang manfaat dan khasiat yang sangat menyehatkan diantaranya adalah.

1. Sebagai sumber antioksidan

Tubuh manusia sangat membutuhkan asupan antioksidan yang mana sumber antioksidan bisa didapatkan dari buah salah satunya salak.

BACA JUGA:Gak Pede Punya Selangkangan Hitam? Ini Penyebab dan Cara Jitu Mengatasinya

Buah salak disebut sebagai buah yang kaya akan antioksidan yang sangat berperan penting dalam mencegah berbagai penyakit akibat kerusakan sel-sel tubuh.

Antioksidan dapat membantu dalam mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit, autoimun dan juga serta berbagai jenis infeksi yang berbahaya.

Adanya asupan penting berupa antioksidan ini memiliki sifat yang sangat penting dalam menjaga kualitas kesehatan kulit dan juga kestabilan kekbalan tubuh yang dapat terjaga dengan kandungan antioksidannya.

2. Kaya akan zat besi dan kalium

BACA JUGA:Hindari Makanan Ini, 5 Makanan Sebabkan Asam Lambung Naik, Nomor 1 Paling Digemari

Tak hanya serat saja namun buah salak juga ternyata memiliki kandungan zat besi dan juga kalsium dimana kandungan keduanya ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Utamanya jika kandungan ini digabungkan maka akan menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, selain itu juga sangat berguna untuk memperkuat otot dan sendi, menjaga kekentaralan serta kestabilan darah dan meningkatkan fungsi saraf seluruh tubuh.

3. Kaya akan vitamin C

Tidak hanya jeruk atau lemon saja namun salak juga mmeiliki kandungan vitamin C yang tentunya sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan tubuh karena diketahui bahwa tubuh tidak dapat memproduksi dengan sendirinya.

BACA JUGA:Cara Turun Berat Badan Tanpa Kelaparan, Begini Menurut dr Sung

Selain itu vitamin C juga sangat penting berperan dalam memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak dan juga penting untuk meningkatkan produksinkolagen untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Nah ternyata buah salak punya kandungan sebesar itu ya? Jadi jangan salah lagi ya salak ternyata tidak menyebabkan sembelit atau susah BAB justru salak dapat memperlancar sistem pencernaan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: