Lahan Belakang TPA Kayuagung Terbakar, Personil Gabungan Berjibaku Padamkan Api

Lahan Belakang TPA Kayuagung Terbakar, Personil Gabungan Berjibaku Padamkan Api

Lahan di belakang TPA Sepucuk Kayuagung yang terbakar, Kamis 14 September 2023.--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Lahan yang berada di belakang Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Sepucuk Kelurahan Kedaton, Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terbakar. 

Peristiwa itu terjadi, Kamis 14 September 2023 siang. Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut berdekatan dengan lahan TPA. 

"Karhutla yang terjadi merupakan tanah mineral biasa tapi dekat dengan TPA, personil gabungan langsung melakukan pemadaman," ungkap Kapolsek Kayuagung, Iptu Sudiarto, saat dikonfirmasi, Kamis 14 September 2023.

Sudiarto mengatakan, dalam peristiwa karhutla ini anggota Polsek Kayuagung membantu memadamkan sebanyak 10 personil. Lalu dari Korami Kayuagung sebanyak 5 personil. 

BACA JUGA:Perusahaan Tambang Batubara Tidak 'Sowan' Ke Pemkab Banyuasin, Askolani Geram!

Termasuk juga ikut memadamkan dari BPBD Kabupaten OKI sebanyak juga dari personil Manggala Agni sebanyak 5 personil. 

"Kebakaran lahan tadi begitu cepat tetapi tidak begitu besar. Setelah tau personil gabungan langsung ke lokasi," ujar Kapolsek. 

Masih dikatakan Kapolsek, dari peristiwa kebakaran lahan di belakang TPA ini untuk penyebab nya belum diketahui. Tetapi yang jelas langsung dipadamkan agar tidak menjalar ke lokasi lainnya. 

"Saat ini semua lahan kering oleh karena musim kemarau, jadi mudah terbakar dan seperti terjadi hari ini," jelasnya. 

BACA JUGA:ALAMAK, Top Kreator Andriyadi Kena Banned TikTok Keranjang Kuning Hilang, Omzet Rp5 Miliar per Bulan Melayang

Disampaikan Kapolsek, karhutla di Kabupaten OKI yang terjadi bukan di lokasi sini saja, tetapi juga sudah banyak terjadi di beberapa Kecamatan khususnya di lahan gambut dan purun. 

Diberitakan sebelumnya, peristiwa karhutla terjadi di lahan gambut di Sepucuk tepatnya di Desa Cinta Jaya Kecamatan Pedamaran. 

Dimana karhutla ini terbilang besar yaitu ratusan hektar yang terbakar. Dimana berhari hari terjadi. Asapnya terbawa ke Palembang. 

Termasuk juga karhutla yang terjadi berhari hari di Deling Kecamatan Pampangan. Karhutla yang terjadi membuat semua personil gabungan berjibaku melakukan pemadaman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: