Perusahaan Tambang Batubara Tidak 'Sowan' Ke Pemkab Banyuasin, Askolani Geram!

Perusahaan Tambang Batubara Tidak 'Sowan' Ke Pemkab Banyuasin, Askolani Geram!

Perkantoran Pemerintah Kabupaten Banyuasin.--

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Bupati Banyuasin Askolani menyayangkan pihak perusahaan tambang batubara tidak pernah sowan atau izin kepada Pemerintah Kabupaten Banyuasin terkait aktivitas atau eksploitasi tambang di Bumi Sedulang Setudung. 

"Tidak pernah izin sama pemda, sampai hari ini. Jadi kita tidak tahu ada giat apa di sana," kata Askolani ditemui usai pengukuhan pengurus forum komunikasi kepala desa Indonesia Kabupaten Banyuasin dan launching pembayaran non tunai pemerintah Desa di Graha Sedulang Setudung, Kamis 14 September 2023. 

Apakah pihak perusahaan sendiri merasa ada izin dari pusat atau ada backing yang hebat, sehingga mengabaikan pemerintah kabupaten. 

"Mereka hanya lewat saja, " jelasnya. 

BACA JUGA:Beredar Video Mobil Muatan Minyak Meledak dan Terbakar di Jalinsum Muratara, Begini Kata Polisi

Padahal dari beberapa perusahaan yang ada di Banyuasin salah satunya perusahaan migas yang hendak berusaha di Banyuasin tepatnya di Desa Lesung, perusahaan bertemu dengan pihak pemerintah kabupaten, pihak kepolisian dan pihak terkait lainnya. 

"Kita fasilitasi tentunya, karena cara mereka baik dan benar. Maka kita bantu dengan lakukan sosialisasi ke masyarakat hingga selesai," tukasnya. 

Keberadaan perusahaan sendiri besar manfaatnya bagi Kabupaten Banyuasin dan masyarakat sekitar, karena dapat menyerap tenaga kerja lokal asal Banyuasin. 

Oleh karena itu Askolani sudah memerintahkan kepada Sekda Banyuasin untuk menyetop segala aktivitas perusahaan di lokasi itu.

BACA JUGA:Penderita ISPA di Kabupaten Banyuasin Meningkat, Dinkes Mengimbau Masyarakat Tetap Jaga Kesehatan

"Karena rakyat kita jadi korban, mereka tidak mengerti hukum sehingga langgar hukum," tegasnya. 

Apalagi sudah ada dua kejadian, sehingga harus cooling down agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

"Saya akan tinjau langsung ke lokasi, dan menemui masyarakat," tuturnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: