Capaian Imunisasi Pada Bayi di Kota Palembang Belum Maksimal, Kok Bisa?

Capaian Imunisasi Pada Bayi di Kota Palembang Belum Maksimal, Kok Bisa?

Ilustrasi--dok : sumeks.co

BACA JUGA:WASPADA! Polusi Asap Ancam Kesehatan Warga Palembang

Sebelumnya, terdapat 11 jenis vaksin yang diberikan, termasuk imunisasi dasar lengkap pada bayi usia 0-11 bulan. 

Misalnya, pada usia 1 bulan diberikan BCG Polio 1 untuk mencegah tuberkulosis dan polio, pada usia 2 bulan diberikan DPT-HB-Hib 1 Polio 2 untuk mencegah polio, difteri, batuk rejan, tetanus, hepatitis B, serta penyakit meningitis dan pneumonia.

Pada usia 3 bulan hingga 4 bulan, bayi mendapatkan imunisasi DPT-HB-Hib 2 Polio 3 dan DPT-HB-Hib 3 Polio 4, serta pada usia 9 bulan diberikan imunisasi campak untuk mencegah penyakit campak.

Selanjutnya, terdapat imunisasi lanjutan untuk bayi usia 18-24 bulan, termasuk DPT-HB-Hib 1 dosis untuk mencegah penyakit difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, pneumonia, dan meningitis, serta imunisasi campak rubella 1 dosis.

BACA JUGA:Selain Bermanfaat Untuk Lambung, Ini Manfaat Air Tajin Bagi Kesehatan

Program imunisasi lanjutan juga diberikan kepada anak sekolah dasar dalam program tahunan bulan imunisasi nasional. Ini mencakup imunisasi campak rubella dan DT pada anak kelas 1, serta imunisasi tetanus difteri td pada anak kelas 2 dan kelas 5.

"Selanjutnya, pemerintah menambahkan 3 jenis imunisasi wajib lagi, yaitu vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV), vaksin Rotavirus, dan vaksin HPV," tutup Yudhi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: