Bawaslu Matangkan Grand Desain dan Kurikulum Peningkatan Kapasitas Pengawas Pemilu

Bawaslu Matangkan Grand Desain dan Kurikulum Peningkatan Kapasitas Pengawas Pemilu

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat menghadiri kegiatan diskusi kelompok terpumpun (DKT) Penyusunan Grand Desain dan Kurikulum Peningkatan Kapasitas Pengawas Pemilu, akhir pekan lalu.--

JAKARTA, SUMEKS.CO - Bawaslu mematangkan kurikulum peningkatan kapasitas pengawas pemilu.

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda berharap pelatih yang dilakukan dapat meningkatkan kapasitas jajaran pengawas pemilu dan memperkuat kelembagaan Bawaslu.

"Bawaslu berharap pelatihan ini dapat mengembangkan lembaga kita, meningkatkan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sekaligus sikap mental (pengawas pemilu) yang nantinya akan menunjang tugas-tugas pengawasan pemilu," katanya saat diskusi kelompok terpumpun (DKT) Penyusunan Grand Desain dan Kurikulum Peningkatan Kapasitas pengawas pemilu, Sabtu 12 Agustus 2023.

Dia juga berharap pelatihan tersebut hasilnya dapat terukur dan bernilai.

BACA JUGA:Kurir 9 Kg Sabu Dikendalikan dari Lapas Nusa Kambangan, Jaringan Aceh dan Akan Diedarkan di Palembang

"Jangan sekadar terlaksana, kita akan ukur hasil dari pelatihan ini," tuturnya.

Plt Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (Puslitbangdiklat) Bawaslu Ibrahim Malik Tanjung menjelaskan, secara garis besar ada empat kompetensi yang dirumuskan dalam penyusunan grand desain tersebut. 

Empat kompetensi tersebut yakni kompetensi dasar, kompetensi teknis, kompetensi tematik, dan sosiokultural.

"Empat kompetensi yang sampaikan tadi itu secara garis besar yang memang harus muncul di dalam grand desain ini," ujarnya.

BACA JUGA:3 Hektar TPA Sampah Sukawitan Palembang Terbakar, Salah Satu Penyebabnya Akibat Ulah Manusia

Sebagai informasi, turut menjadi narasumber dalam diskusi tersebut Akademisi Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Ahsanul Minan, Akademisi Universitas Sam Ratulangi Ferry Daud Liando, dan Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional M Nurhasyim.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: