Sinar Dempo, Raksasa PO Bus di Sumatera Selatan, Langganan Para Mahasiswa Perantauan

Sinar Dempo, Raksasa PO Bus di Sumatera Selatan, Langganan Para Mahasiswa Perantauan

Sinar Dempo merupakan perusahaan bus di Sumatera Selatan yang menjadi andalan mahasiswa perantauan.--

Nama Sinar Dempo pun makin tertanam di masyarakat. Hanya tempo 1 tahun atau tahun 1979, H Sidik memutuskan menambah jurusan Pagaralam-Palembang dan Pagaralam-Tanjung Karang, Lampung. 

BACA JUGA:Fasiltas Canggih, Nikmati Perjalanan Palembang-Padang dan Palembang - Bandung Dengan PO Bus Epa Star

Nama Sinar Dempo menjadi besar dan sudah dikenal masyarakat Sumatera Bagian Selatan saat itu. H Sidik sebagai pemilik sekaligus yang menjalankan usaha itu secara langsung, terus mengembangkan sayap. 

Tahun 1979 juga menjadi tonggak bersejarah bagi Sinar Dempo, dengan warna bus memiliki ciri khas merah menyala. 

10 perusahaan bus Pulau Jawa dan Sumatera bergabung dalam konsorsium perusahaan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), yang dinamakan Sanutra. 

Sanutra merupakan jaringan perusahaan bus dengan tujuan memudahkan pergerakan penumpang di lintas Sumatera Jawa. 

BACA JUGA:Namanya Bikin Geli, Hingga Layani Trayek Luar Negeri, PO Bus Andalan Kalimantan

Sanutra merupakan perusahaan bus lintas Banda Aceh hingga Denpasar Bali. Tentu saja konsorsium yang diprakarsai Menteri Perhubungan saat itu Rusmin Nuryadin, menjadi kebanggaan bagi Sinar Dempo. 

Sinar Dempo menjadi satu-satunya bus di Pulau Sumatera yang tergabung dalam konsorsium itu.  H Sidik berhasil mengembangkan usaha angkutan penumpangnya dengan sangat sukses. Tahun 1992, Sanutra Sinar Dempo diteruskan H Joni Sidik. 

Di tangan Joni, Sinar Dempo makin berkembang pesat. Menjadi salah satu bus diperhitungkan di Pulau Sumatera. Dari hanya bermodal 1 unit Chevrolet, Sinar Dempo menjadi raksasa perusahaan bus di Sumatera. 


Sinar Dempo merupakan perusahaan bus di Sumatera Selatan yang menjadi andalan mahasiswa perantauan.--

Saat ini Sinar Dempo tetap eksis, dengan puluhan bus mewahnya. Tahun 2011 dan 2015, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menganugerahi penghargaan Lifetime Achievement, atas pengabdian seumur hidup di bidang angkutan jalan, kepada Sinar Dempo. 

BACA JUGA:PO Sinar Jaya Palembang, Sepanjang Jalan Penumpang Bus AKAP Bisa Rebahan sambil Nonton Film Loh!

Sejak tahun 2016, Sinar telah bertransformasi menjadi Perseroan Terbatas (PT) berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan, yang mengharuskan perusahaan angkutan berbentuk Perseroan Terbatas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: