Kurangi Sampah, Panitia Kurban Diimbau tidak Gunakan Kantong Plastik

Kurangi Sampah, Panitia Kurban Diimbau tidak Gunakan Kantong Plastik

Besek yang terbuat dari anyaman bambu bisa digunakan sebagai wadah daging kurban untuk mengurangi sampah. --

Kurangi Sampah, Panitia Kurban Diimbau tidak Gunakan Kantong Plastik

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengajak dan mengimbau panitia pembagian hewan kurban untuk tidak gunakan kantong plastik. 

Imbauan itu disampaikan Kepala DLH Kabupaten OKI, Aris Panani SP MSi melalui Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan Limbah B3, Hidayat SHut, kepada SUMEKS.CO, Rabu 28 Juni 2023.

"Imbauan ini sudah kita diinformasikan kepada panitia panitia pemotongan hewan kurban di masjid masjid juga kepada semua camat," terang Hidayat. 

Disampaikan Hidayat, imbauan tidak gunakan kantong plastik agar para camat dan kades se Kabupaten OKI untuk menyampaikan ke masyarakat khususnya panitia pemotongan hewan kurban. 

BACA JUGA:Sholat Idul Adha di Rumah Dakwah Muhammadiyah Kayuagung Diikuti Puluhan Jamaah

Ini adalah bertujuan mengurangi sampah palstik. Karena sampah palstik sulit untuk diduar ulang. Maka kantong plastik sebagai wadah daging yang dibagikan ke masyarakat menggunakan daun pisang, daun jati dan bisa besek (anyaman bambu). 

"Jadi jangan gunakan kantong plastik untuk membagikan daging kurban tapi gunakan wadah yang bisa digunakan ulang atau dikomposkan," jelasnya. 

Lanjut dia, adanya imbauan ini agar diterapkan pelaksanaannya. Dimana untuk pemotongan hewan kurban dilaksanakan Kamis 29 Juni 2023.

"Kita juga mengimbau panitia hewan kurban agar menyediakan sarana prasarana pengolahan sampah yakni tempat sampah terpilah," ujarnya. 

Dia menambahlan, apabila diterapkan pelaksanaan pembagian daging kurban tanpa kantong plastik maka dapat mengurangi sampah yang masuk di TPS yang ada. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: