Alumni Al Zaytun 'Juragan Kopi' Tak Ingin Al Zaytun Ditutup, Ganti Saja Panji Gumilang

Alumni Al Zaytun 'Juragan Kopi' Tak Ingin Al Zaytun Ditutup, Ganti Saja Panji Gumilang

Juragan Kopi tak ingin Ponpes Al Zaytun Indramayu ditutup, ia mengusulkan ganti saja Panji Gumilang.--

Alumni Al Zaytun 'Juragan Kopi' Tak Ingin Al Zaytun Ditutup, Ganti Saja Panji Gumilang

SUMEKS.CO - Alumni Ponpes Al Zaytun yang viral dengan akun TikTok @juragan kopi, tak ingin Al Zaytun ditutup. Ia hanya ingin pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang dan beberapa kroninya saja yang diganti. 

Sikap juragan kopi yang memiliki nama lengkap Reza Pahlevi ini, disampaikan dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi di TVOne. 

"Kalau izinnya (dicabut) enggak lah ya. Kalau saya kurang sepakat dengan izin yang dicabut, hanya saja ada pergantian sedikit pergantian yang perlu diluruskanlah. Nggak semuanya ya yang terlibat, hanya satu atau dua orang," kata Reza. 

BACA JUGA:2 Alumni Ikhsan dan Juragan Kopi Kerja Keras Luruskan Al Zaytun Tak Begitu, Itu Semua Bikinan Panji Gumilang

Disisi lain Reza membongkar rencana khotib perempuan shalat Jumat di Al Zaytun, sudah ada dari dulu. 

"Wacana putri menjadi khatib Jumat itu sudah ada dari dulu ya. Sudah ada dari dulu, cuma kita kan karena di dalam informasi yang kita peroleh juga cukup terbatas. Jadi kita fine-fine aja lah," ungkap Reza. 

Saat itu para santri juga tidak terlalu peduli dengan rencana Panji Gumilang menjadikan perempuan sebagai khotib Shalat Jumat. Meski rencana itu menyimpang dari ajaran IsIam. 

Reza yang merupakan santri angkatan ke 4 Al Zaytun, atau mulai mondok sejak tahun 2002 hingga 2008, mengakui saat dirinya masih menjadi santri Al Zaytun, adzan shalat mulai berubah. 

BACA JUGA:Alumni Al Zaytun 11 Tahun Dirujak Kang Anom, Juragan Kopi: Guys Itu Tak Mewakili Alumni, Itu Mewakili Dia Aja!

"Adzannya itu sudah mulai dengan yang menghadap ke jamaah. Kemudian juga sudah tidak bernada. Yang mereka bilang dengan adzan Bilal, itu sudah mulai dipraktekkan," ungkap Reza. 

Reza yang sempat viral di media sosial, lantaran menantang nitizen mencari perbedaan ijazah Aliyah dan Tsanawiyah Al Zaytun milik ini, saat dirinya masih mondok, tidak ada yang menyimpang dari kurikulum. 

"Saya tidak sependapat ataupun tidak sejalan dengan apa yang dilontarkan oleh Panji Gumilang, terkait beberapa aspek-aspek dalam hal ibadah," tegas Reza. 

Dalam akun TikTok @juragan kopi, walau terus dipojokan dan orang tuanya diseret-seret, jawaban alumni Al Zaytun ini, sangat bijak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: