1 Ton Sampah Dikumpulkan dari Sungai Enim, Aksi Peringatan HLHS Kabupaten Muara Enim

1 Ton Sampah Dikumpulkan dari Sungai Enim,  Aksi Peringatan HLHS Kabupaten Muara Enim

Ilustrasi--

1 Ton Sampah Dikumpulkan dari Sungai Enim,  Aksi Peringatan HLHS Kabupaten Muara Enim 

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Sebanyak 1 ton sampah terkumpulkan dari Sungai Enim, dalam aksi memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) Tahun 2023 di lingkungan PT Bukit Asam Tbk, Sabtu, 10 Juni 2023.

Kegiatan tersebut diikuti lebih dari 300 peserta yang berasal dari 5 komunitas, pelajar, serta 45 mintra kerja perusahaan BUMN. 

Aksi dipusatkan di Taman Love Bukit Asam, Tanjung Enim. Kemudian menyusuri Sungai Enim, menggunakan puluhan perahu karet. 

Kegiatandimulai dari Simpang BTN Air Paku sampai dengan Taman Love Bukit Asam, hingga Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul.

BACA JUGA:Waw, 91 Ton Sampah Cemari Sungai Musi Palembang Setiap Hari

GM UPTE PT Bukit Asam, Venpri Sagara membuka acara ditandai dengan pemukulan gong, serta penyematan Alat Pelindung Diri (APD) atau pelampung kepada perwakilan peserta.

Dikatakan Venpri, bahwa acara ini digelar serentak seluruh Indonesia oleh perusahaan-perusahaan di bawah Kementrian BUMN. PT Bukit Asam salah satunya menggelar di sekitar operasional tambang Tanjung Enim. 

Adanya kegiatan ini, diharapkan bisa menjadi contoh kepedulian terhadap kebersihan Sungai, khsusnya Sungai Enim. 

"Dari sepanjang rute yang dilalui, peserta  membersihkan sampah lalu dikumpulkan untuk dipilah-pilah, kemudian di kirim ke TPA,” terang Venpri, dikutip enimekspres.bacakoran.co, Minggu 11 Juni 2023.

BACA JUGA:Desa Sukamenang Wakili Kabupaten Muara Enim Lomba Desa Tingkat Provinsi Sumsel

Dijelaskan, selain menggelar acara itu, PT Bukit Asam memperingati hari lingkungan hidup tahun ini melaksanakan acara lainnya, antara lain pemilihan duta lingkungan diikuti pelajar sekitar perusahaan. 

Lalu kemudian mereka di berikan pembekalan tentang tata kelola, dan pengolahan lingkungan hidup, acara Green Minning, sosialisasi pengolahan sampah untuk pelajar tingkat SD hingga SMA/SMK Sederajat.

Termasuk Tracking Danau Cinta, dan Program dari Tanjung Enim Kota Wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: