Beberes Sungai Musi Kumpulkan 3 Ton Sampah, Ajak Masyarakat Minimalisir Penggunaan Plastik

Beberes Sungai Musi Kumpulkan 3 Ton Sampah, Ajak Masyarakat Minimalisir Penggunaan Plastik

Para relawan peduli lingkungan berjibaku mengangkat eceng gondok dari aliran Sungai Musi dalam kegiatan “Beberes Sungai Musi”, Sabtu, 10 Juni 2023. foto: budiman/sumeks.co.--

Beberes Sungai Musi Kumpulkan 3 Ton Sampah, Ajak Masyarakat Minimalisir Penggunaan Plastik

SUMEKS.CO, PALEMBANG – Menjaga lingkungan dan aliran sungai sangat penting, namun upaya ini tak bisa dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sendiri. 

Tapi harus didukung oleh masyarakat maupun stakeholder terkait.

Kepedulian itu salah satunya ditunjukkan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju menggandeng RDMP RU III – Project Sumatera di bawah Direktorat Proyek Infrastruktur PT KPI menggelar “Beberes Sungai Musi”,  Sabtu, 10 Juni 2023.

Kegiatan mengumpulkan sampah sungai ini berlangsung di pesisir Sungai  Musi, Kelurahan 12 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II, Kota Palembang. 

BACA JUGA:Waw, 91 Ton Sampah Cemari Sungai Musi Palembang Setiap Hari

Selama kurun waktu 3 jam, ada sekitar 3 ton sampah sungai yang berlangsung diangkut.

Pantauan di lapangan, sekitar 300 relawan peduli lingkungan berbaju putih dari mahasiswa dan unsur pemerintah sudah terlihat memadati bantaran Sungai Musi sejak pukul enam pagi. 

Satu per satu mereka turun ke sungai, berendam mengambil sampah baik itu sampah plastik, eceng gondok, dan lain sebagainya.

Pjs General Manager Kilang Pertamina Plaju, Antoni R Doloksaribu mengatakan kegiatan ini bagian dari gerakan yang diinisiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bertajuk Coastal Clean Up (CCU), didukung penuh PT KPI guna menjaga kebersihan sungai, laut, dan pesisir.

BACA JUGA:ALAMAK! Oknum Sopir Kapal Getek di Sungai Musi Ternyata Suka Nyabu, Pemasok Langsung Disikat Satpolairud

“Kita menggalang kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023,” bebernya.

Apalagi perusahaan kilang minyak Pertamina Plaju beroperasi di sekitar Sungai Musi, sehingga pihaknya menyadari betapa penting menjaga kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan Sungai Musi.

Pihaknya pun percaya dengan menjaga kebersihan Sungai Musi, tak hanya memberi manfaat bagi kelancaran operasional, juga untuk kesejahteraan masyarakat sekitar dan keberlanjutan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: koransumeks