Panji Gumilang: Doa untuk Anak Semoga Berguna Bagi Agama Itu Salah Besar, Alasannya Bikin Geleng-Geleng Kepala

Panji Gumilang: Doa untuk Anak Semoga Berguna Bagi Agama Itu Salah Besar, Alasannya Bikin Geleng-Geleng Kepala

Panji Gumilang sebut berdoa dengan meminta anak atau buah hati berguna untuk agama itu salah--

Panji Gumilang: Doa untuk Anak Semoga Berguna Bagi Agama Itu Salah Besar, Alasannya Bikin Geleng-Geleng Kepala

SUMEKS.CO - Sebagian besar orang tua muslim di Indonesia, selalu saja mendoakan anak-anaknya supaya bisa berguna bagi masyarakat, bangsa, negara, dan agama.

Ketika anak mereka berguna bagi masyarakat, bangsa, negara, dan agama tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi para orang tua anak-anak tersebut.

Namun, pendapat berbeda keluar dari mulut Syekh Panji Gumilang, pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu. Karena, doa supaya anak berguna bagi agama itu salah besar.

BACA JUGA:Syekh Panji Gumilang Sebut Saat Ini Pemerintah Desa Kurang Diperankan, Usul Hapus Jabatan Camat

"Kita sering mendoakan anak kita, semoga anakku engkau berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. Yang terakhir itu salah besar," ujarnya dikutip dari TikTok @Heri Yanta, Senin, 5 Juni 2023.

Lalu, Syekh Panji Gumilang mengakatan, bagaimana mau berguna bagi agama, karena agama itu adalah individu yang ditata. Inilah kenapa supaya anak-anak ini berguna bagi masyarakat.

"Berguna bagi negara, berguna bagi bangsa. Jangan individu berguna bagi agama, agama itu abstrak," sebutnya.

Syekh Panji Gumilang menambahkan, pemikiran itu harus ditanamkan di pribadi masing-masing. Menurut Syekh Panji Gumilang, terkadang para orang tua di Indonesia ini salah kaprah.

BACA JUGA:Makin Ngawur! Panji Gumilang Bilang Doa Pakai Amin Enggak Akan Dikasih Sama Allah, Jawaban Ustadz Abdul Somad?

"Mendoakan anak supaya berguna bagi agama, loh agama itu bukan benda hidup. Benda mati yang hanya dimiliki oleh individu," katanya lagi.

Bagi seseorang yang memiliki pribadi atau individu yang baik, secara otomatis agamanya juga akan baik. Namun, bagi individu yang "nyeludak" atau tidak baik dipastikan agamanya juga seperti itu.

Unggahan akun TikTok @Heri Yanta yang berjudul "Doa Anak yang Salah Kaprah, Semoga Anak Berguna Bagi Agama" ini telah disaksikan sebanyak 41.200 kali dan mendapatkan beragam komentar netizen.

Beragam komentar yang ditinggalkan netizen di kolom komentar unggahan akun TikTok @Heri Yanta terkait pernyataan Syekh Panji Gumilang soal doa yang salah kaprah untuk anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: