Pelita Air Adopsi Teknologi Aviasi Terintegrasi Demi Optimalisasi dan Meningkatkan Keselamatan Penerbangan

Pelita Air Adopsi Teknologi Aviasi Terintegrasi Demi Optimalisasi dan Meningkatkan Keselamatan Penerbangan

--

Pelita Air Adopsi Teknologi Aviasi Terintegrasi Demi Optimalisasi dan Meningkatkan Keselamatan Penerbangan

JAKARTA, SUMEKS.CO – Pelita Air, maskapai penerbangan domestik anak perusahaan Pertamina mendapatkan rekognisi dari NAVBLUE anak perusahaan Airbus yang bergerak dibidang navigasi.

Penghargaan ini didapatkan sebagai bentuk komitmen Pelita Air untuk menerapkan keamanan dengan standar teknologi digital canggih dalam kegiatan operasionalnya.

Penghargaan diterima oleh Heru Susilo sebagai Direktur Operasional Berjadwal Pelita Air di kantor CBC, Cengkareng Jakarta, Rabu 17 Mei 2023. 

Pelita Air merupakan maskapai pertama di Asia Pasifik yang menerapkan Operations Control Center (OCC) secara penuh melalui Electronic Flight Assistant (EFA) yang dimiliki NAVBLUE. 

BACA JUGA:Pameran PEVS 2023, Volta Adakan Program Motor Listrik Subsidi Terjangkau

Penerapan terknologi yang dilakukan oleh Pelita Air membuatnya menjadi maskapai pertama di Indonesia yang lolos sertifikasi Electronic Flight Bag (EFB) level 2 dan Paket Penerbangan Digital.

EFB adalah sebuah perangkat digital yang memuat informasi untuk pilot dan memandu pekerjaan khususnya take off dan landing yang berhubungan dalam hal keselamatan. 

Heru mengatakan bahwa bermitra  dengan NAVBLUE merupakan bentuk komitmen Pelita Air dalam meningkatkan keselamatan penumpang dan efisiensi operasional.

“Ini akan memberikan dampak positif dalam proses yang akurat, optimal, dan efisien yang terintegrasi ke dalam sistem operasional kami yang lain, meningkatkan kesadaran situasional, mengurangi beban kerja, dan meminimalkan kesalahan manusia (human error),” jelasnya.

BACA JUGA:Semua Utang Lunas, 5 Shio Ini Panen Rezeki di Pertengahan Bulan Mei 2023

Briac Kerihuel, Chief Commercial Officer NAVBLUE mengatakan bahwa mereka bangga dapat mendukung Pelita Air dalam penerapan paperless, sejalan dengan komitmen mereka terhadap penerbangan berkelanjutan. 

“Industri penerbangan semakin bergantung pada analitik data untuk meningkatkan operasi penerbangan. Saat maskapai penerbangan di seluruh dunia berupaya untuk menjadikan Operations Control Centre (OCC) yang benar-benar digital, Mission+ terbukti menjadi solusi untuk mereka yang ingin mencapainya”.

Sebagai bagian dari entitas anak usaha PT Pertamina (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), komitmen Pelita Air untuk melebarkan sayap di rute domestik juga sebagai bentuk komitmen perusahaan dan sinergi untuk berkontribusi dalam mendukung pemerataan konektivitas di Indonesia dengan tetap mengusung standar layanan yang tinggi di setiap kegiatan operasionalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: