Ucapkan Kalimah Tauhid Berulang-Ulang, Kelompok Jemaah Viral di Media Sosial

Ucapkan Kalimah Tauhid Berulang-Ulang, Kelompok Jemaah Viral di Media Sosial

--

Ucapkan Kalimah Tauhid Berulang-Ulang, Kelompok Jemaah Viral di Media Sosial

SUMEKS.CO – Viral, tayangan video ribuan kelompok jemaah laki-laki melapaskan kalimah Tauhid, Lailahhaillallah. Mereka terus mengucapkan kalimah itu sambil menggerak-gerakkkan badannya kekiri dan kanan.

Dalam tayangan yang diunggah akun @eda roy berjudul Lebaran k-2 Tanjung Pauh Mudik, ada jemaah yang mengikuti ritual itu sambil memanggul seorang anak dibahunya.

Mereka terus melantunkan kalimah itu. Tubuhnya meliuk mengikuti irama kalimah penyerahan diri dan pengakuan akan ke ESA an Allah tersebut.

BACA JUGA:Waduh! IKN Nusantara Rawan Gempa, APBN Bakal Dibuat Tekor, Netizen: Tenggelam Kita dalam Hutang

Ditengah-tengah jemaah terlihat seseorang berjalan sembari membawa dupa dengan asap mengepul. Dia berjalan mengelilingi para jemaah yang tenggelam dalam suasana khusuk.

Tidak disebut lokasi persis ritual ini. Pengunggah hanya menulis tagar Sungai Penuh, Kerinci, Jambi dan tagar jangan kendor jaga imun an hidup sehat.

Namun dari tayangan itu, nampaknya para jemaah ini berada di lereng bukit atau gunung. Didepannya terlihat hutan dengan pepohonan yang lebat nan menghijau

Dibagian belakang ada jemaah yang duduk-duduk sembari memperhatikan jemaah didepannya yang terus bergerak mengikuti irama kalimah tauhid.

BACA JUGA:Wow...Kepala Staf Kepresidenan Sanjung Panji Gumilang Pendiri Ponpes Al Zaytun Indramayu, Pujian untuk Apa Ya?

Ragam komentar warganet. Ada yang mengaku warga Kerinci Jambi, namun tidak tahu dengan ritual tersebut. Namun ada juga warga net yang menyebut itu di Tanjung Pauh Hilir.  Ritual itu namanya Ziarah makam bersama sertra sikir dan doa bersama.

Sementara, Anggraybu_dheysshy91 menyebut  itu bagian dari tariqod.  Ritual itu disebutnya sebagai tatacara tulak balak. “Salam dari Kabupaten tetangga Solok Selatan,” ujarnya.

Banyak pula yang menanyakan maksud dan tujuannya ritual itu apa dan hanya Allah yang tahu. Ada juga netizen yang menyebut itu sebagai Ratif Tagak.

Dari tayangan video sekilas tidak ada penyimpangan dari ritual itu. Kalimah tauhid yang mereka lapazkan, tidak ada unsur atau tambahan kata-kata lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: