Sebelum Berobat ke Ibu Ida Dayak, Pahami Dulu Efek Psikologisnya, Nih Penjelasan Antropolog UI

Sebelum Berobat ke Ibu Ida Dayak, Pahami Dulu Efek Psikologisnya, Nih Penjelasan Antropolog UI

Antropolog UI beberkan efek Psikologis dari pengobatan Ibu Ida Dayak.--

Sebelum Berobat ke Ibu Ida Dayak, Pahami Dulu Efek Psikologisnya, Nih Penjelasan Antropolog UI

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Belakangan ini, metode pengobatan alternatif Ibu Ida Dayak santer diperbincangkan warganet di beberapa media sosial.

Perempuan bernama lengkap Ida Andriyani asal Kalimantan Timur ini, dipercaya masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit tanpa bantuan medis.

Bahkan, beredar kabar juga Ibu Ida Dayak tidak hanya menyembuhkan pasien patah tulang, namun juga buat tuli.

BACA JUGA:Gemparkan Jagat Raya, Ketua Lembaga Adat Paseh Kaltim Ungkap Fakta Soal Minyak Bintang Ibu Ida Dayak

Tidak sedikit, metode pengobatan yang dilakukan Ibu Ida Dayak pun mendapat respon dan tanggapan dari berbagai lapisan masyarakat.

Diantaranya datang dari Semiarto Aji Purwanto, Antropolog sekaligus Dekan Fisip Universitas Indonesia yang memberikan penjelasan tentang fenomena Ibu Ida Dayak.

Aji menerangkan, secara etimologi kesehatan ada yang disebut sebagai penyakit naturalistik yang bisa disembuhkan dengan cara meminum obat medis bahkan metode urut.

"Ada juga bersifat supranatural yang juga dipakai masyarakat seperti ke dukun atau dengan jampi," kata Aji dikutip dari mnctrijaya.com Ahad 9 April 2023.

BACA JUGA:Bikin Merinding, Ahli Spiritual Sebut Ibu Ida Dayak Dirasuki Sosok Gaib Saat Saat Lakukan Pengobatan

Seiring dengan perkembangannya, lanjut Aji ternyata penyakit naturalistik juga dipercaya dapat disembuhkan dengan cara supranatural (gaib).

Menurut Aji, hal itu biasa terjadi karena rasa ketidak percayaan masyarakat dengan metode obat-obatan cenderung rendah.

Lalu lanjut Aji, adanya metode hirarki yang tumbuh di masyarakat yang berfikir pengobatan alternatif menjadi solusi, apabila tidak dapat sembuh dengan pengobatan modern.

"Pola pikir masyarakat yang cenderung ingin cepat sembuh, juga turut menjadi faktor pengobatan alternatif seperti pengobatan Ibu Ida Dayak layak untuk dicoba," tutur Aji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: