Gemparkan Jagat Raya, Ketua Lembaga Adat Paseh Kaltim Ungkap Fakta Soal Minyak Bintang Ibu Ida Dayak

Gemparkan Jagat Raya, Ketua Lembaga Adat Paseh Kaltim Ungkap Fakta Soal Minyak Bintang Ibu Ida Dayak

Ketua Lembaga Adat Paseh (LAP) Kalimantan Timur, menguak fakta terbaru yang bikin gempar jagat raya mengenai minyak bintang yang biasa digunakan Ida Dayak.--

Gemparkan Jagat Raya, Ketua Lembaga Adat Paseh Kaltim Ungkap Fakta Soal Minyak Bintang Ibu Ida Dayak

SUMEKS.CO - Lagi, Ketua Lembaga Adat Paseh (LAP) Kalimantan Timur, menguak fakta terbaru yang bikin gempar jagat raya mengenai minyak bintang yang biasa digunakan Ida Dayak untuk mengobati pasiennya

Musa, Ketua LAP Kaltim, membeberkan fakta terbaru tentang pengobatan Ida Dayak. Kali ini, Musa ungkapkan tentang minyak bintang yang digunakan Ida Dayak untuk mengobati pasiennya.

Pria paruh baya ini menyebutkan, minyak berwarna merah atau disebut minyak bintang yang biasa digunakan Ida Dayak ini masih harus dipertanyakan lagi keasliannya.

BACA JUGA:Ketua Lembaga Adat Paser Kaltim Buka-bukaan Tentang Pengobatan Ida Dayak, Faktanya Sangat Mengejutkan

Pasalnya, metode pengobatan yang dilakukan Ida Dayak untuk mengobati pasiennya ini hanya dimiliki orang tertentu. Biasanya, minyak bintang Dayak yang asli ini dimiliki kepala suku.

Dilansir dari kanal youtube Arjuna Ganteng, Minggu 9 April 2023 Musa mengatakan, minyak bintang Dayak yang disebut memiliki ribuan khasiat ini sangat sulit didapatkan.

"Sekalipun ada, minyak bintang itu hanya dimiliki orang tertentu seperti kepala suku atau ketua adat," ungkap Musa.

Musa menilai, apa yang biasa digunakan Ida Dayak untuk mengobati pasiennya bukanlah minyak bintang melainkan minyak urut biasa. Karena minyak bintang yang asli tak bisa diperjualbelikan.

BACA JUGA:Heboh! UAS Bongkar Habis Rencana Besar Ibu Ida Dayak Dibalik Pengobatan Viralnya, Ternyata...

"Minyak yang asli tak bisa diperjualbelikan," bebernya.

Kendati demikian, Musa tetap mendukung apa yang dilakukan Ida Dayak karena tujuannya membantu orang. Apalagi, dalam pengobatannya Ida Dayak sama sekali tidak memungut biaya sepeserpun.

Lebih dari itu, Musa menyatakan bahwa pengobatan Ida Dayak sebenarnya sudah menjadi kebiasaan sejak lama serta menjadi tradisi turun temurun bagi Suku Adat Paser Kaltim.

Musa juga menambahkan, keahlian yang dimiliki Ida Dayak menyembuhkan patah tulang sangat langka ditemui. Bahkan, kemampuan seperti itu hanya dimiliki orang tua atau leluhur zaman dulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: