Ketua Lembaga Adat Paser Kaltim Buka-bukaan Tentang Pengobatan Ida Dayak, Faktanya Sangat Mengejutkan

Ketua Lembaga Adat Paser Kaltim Buka-bukaan Tentang Pengobatan Ida Dayak, Faktanya Sangat Mengejutkan

Fakta mencengankan Tentang Pengobatan Ibu Ida Dayak diungkap oleh Ketua Lembaga Adat Paser Kalimantan Timur.--

Ketua Lembaga Adat Paser Kaltim Buka-bukaan Tentang Pengobatan Ida Dayak, Faktanya Mencengangkan

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ketua Lembaga Adat Paser (LAP) Kalimantan Timur (Kaltim), ungkap fakta mencengangkan tentang pengobatan Ida Dayak.

Pengobatan Ida Dayak yang bisa menyembuhkan patah tulang cukup menyedot perhatian publik.

Bahkan, fakta terbaru yang diungkapkan Ketua LAP Kaltim, Musa mencengangkan banyak orang.

BACA JUGA:Akhirnya Pesulap Merah Bantah Sebut Ibu Ida Dayak Dukun, Itu Video Saya Disambung-sambung dengan Narasi Fitnah

Musa mengungkapkan, pengobatan yang dilakukan Ida Dayak sebenarnya sudah menjadi kebiasaan bagi suku Paser sejak lama. Kebiasaan ini pun menjadi turun temurun.

Meski menjadi tradisi turun temurun, Musa mengatakan keahlian Ida Dayak merupakan fenomena langka yang mungkin tak banyak dimiliki orang.

Karena menurut Musa, yang mempunyai keahlian menyembuhkan patah tulang seperti Ida Dayak hanya dimiliki orang tua zaman dulu di Suku Paser Kalimantan Timur yang memang dikenal dengan pengobatan tradisionalnya.

"Tentu ini fenomena langka. Dan yang bisa memiliki keahlian seperti itu hanya orang tua zaman dulu yang cukup dikenal dengan metode pengobatan tradisional," ungkap Musa dikutip dari TribunKaltim.co, Kamis 6 April 2023.

BACA JUGA:VIRAL! Video Putra Bung Karno Diurut Ibu Ida Dayak, Guruh Soekarnoputra Sampai Meringis Kesakitan

Musa menuturkan, pengobatan Ida Dayak ini sama juga dengan yang dilakukan nenek moyang suku Paser Kalimantan Timur yakni pengobatan tradisional menggunakan minyak dan doa tanpa mengunakan peralatan.

Musa pun sangat mendukung pengobatan alternatif Ida Dayak. Terlebih, apa yang dilakukannya untuk membantu masyarakat mengobati berbagai penyakit, sedikitpun tak mematok harga.

Sementara itu, nama Ida Dayak belakangan sangat viral diperbincangkan masyarakat. Ini dikarenakan keahlian pengobatan tradisional yang dimilikinya dapat menyebuhkan pasien yang mengalami patah tulang.

Tak sampai disitu, Ida dayak juga semakin terkenal setelah berhasil membantu menyembuhkan penyakit yang dialami pelawak tanah air Tukul Arwana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: