Kemenaker-Pemda Fasilitasi Pelatihan Kerja

Kemenaker-Pemda Fasilitasi Pelatihan Kerja

Afriansyah Noor. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sinergitas Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota sangat diperlukan untuk menyukseskan program Kementerian Ketenagakerjaan RI tahun 2023.

Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Republik Indonesia Afriansyah Ferry Noorn kepada awak media usai rapat koordinasi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan, di rumah dinas Wali Kota Palembang, Selasa 28 Februari 2023.

"Alhamdulillah kita melangsungkan rapat koordinasi hari ini dengan koordinasi baik dan koperatif. Kementerian bersama Pemprov dan Pemkot harus bersinergi dengan baik untuk menyelaraskan program-program ke depan yang bertujuan mengatasi pengangguran," ungkapnya.

Afriansyah Ferry Noor menjelaskan, Kementerian Ketenagakerjaan RI berfungsi untuk mendidik dan melatih masyarakat yang berkeinginan mempunyai kompetensi.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Berikan Beragam Pelatihan Keterampilan Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan

"Oleh karena itu melalui program kementerian, kami menawarkan kepada teman-teman di kabupaten/kota untuk mengadakan pelatihan-pelatihan yang ada di Balai Latihan Kerja (BLK) kita," jelasnya.

Afriansyah Ferry Noor menuturkan, Kementerian Ketenagakerjaan RI ada program kelompok tenaga kerja mandiri.

"Ada 20 orang yang kita latih sesuai dengan keinginan daerah apa yang mereka inginkan. Seperti menjahit, otomotif, dan lainnya," tuturnya.

Kendati demikian Ferry Noor menyebutkan, melalui program pelatihan bukan hanya untuk bekerja saja, tetapi masyarakat yang mengikuti pelatihan dapat berwirausaha.

BACA JUGA:Bengkel Kerja Lapas Tanjungpandan Terdaftar Jadi Lembaga Pelatihan Kerja

"Kita siapkan program itu bukan hanya untuk bekerja saja, tetapi mereka bisa buka usaha. Program unggulan kita BLK yang siap bekerja sama," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: