Makanan Olahan Gurita Khas Kaur Bengkulu Punya Segudang Manfaat Bagi Tubuh, Diincar Wisatawan Mancanegara

Makanan Olahan Gurita Khas Kaur Bengkulu Punya Segudang Manfaat Bagi Tubuh, Diincar Wisatawan Mancanegara

Sate Gurita khas Kabupaten Kaur.-Foto: dokumen/sumeks.co-

• Kolesterol. Seporsi gurita bisa mengandung sekitar 30 persen dari asupan kolesterol harian yang direkomendasikan. Kolesterol memang dibutuhkan untuk membangun sel, namun terlalu banyak kolesterol juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

• Natrium. Gurita memiliki kandungan natrium tinggi (230 miligram natrium per 100 gram). Teknik pengolahan dengan menambahkan garam dan bumbu lainnya, dapat menaikkan kadar natrium dan berisiko tinggi akan tekanan darah tinggi.

• Kalium. Makanan laut seperti gurita juga kaya akan kalium (350 miligram kalium per 100 gram) yang perlu diwaspadai oleh penderita penyakit ginjal kronis yang perlu membatasi asupan nutrisi ini.

• Asam urat (gout). Makanan laut mengandung zat yang disebut purin, yang mana kandungan ini dapat memicu serangan asam urat pada beberapa orang.

 

Gurita juga dapat menimbulkan alergi pada beberapa orang akibat intoleransi terhadap protein makanan laut. Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan lebih dulu pada dokter untuk mengetahui boleh tidaknya mengonsumsi gurita sesuai kondisi kesehatan Anda. (*)

 

 

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: www.halodoc.com