Oh Ternyata Ini Sejarah dan Asal Usul Keturunan Suku Gumai, Bagian dari 12 Suku Asli Sumatera Selatan

Oh Ternyata Ini Sejarah dan Asal Usul Keturunan Suku Gumai, Bagian dari 12 Suku Asli Sumatera Selatan

Suku Gumai, Sumatera Selatan.-Foto: wikipedia/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Suku Gumai adalah salah satu suku yang mendiami daerah di Kabupaten Lahat. Sebelum adanya Kota Lahat, Gumai merupakan satu kesatuan dari teritorial GUMAI, yaitu Marga Gumai Lembak, Marga Gumai Ulu dan Marga Gumai Talang.

Setelah adanya kota Lahat, maka Gumai menjadi terpisah dimana Gumai Lembak dan Gumai Ulu menjadi bagian dari Kecamatan Pulau Pinang sedangkan Gumai Talang menjadi bagian dari Kecamatan Kota Lahat.

Bila ditelusuri, penulisan suku Gumai saat ini lebih dikenal dengan sebutan/penulisan “GUMAY”. Suku Gumai bukan saja sebagai identitas diri seseorang dalam hal nama, akan tetapi juga merupakan identitas asal daerah, identitas daerah serta identitas keturunan. 

Saat ini tidak semua orang yang menggunakan nama Gumai atau Gumay menetap di Gumai. Atau dalam hal ini di Kabupaten Lahat. Bisa saja orang yang menggunakan nama Gumai atau Gumay, entah itu di nama depan atau nama belakangnya itu orang-orang yang seumur hidup tidak pernah melihat daerah Gumai/Gumay itu sendiri.

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu, Berikut Ini 12 Suku Asli di Provinsi Sumatera Selatan

Namun penggunaan nama yang disandingkan didepan atau dibelakang nama seseorang itu sendiri menunjukkan tepat asal, keturunan ataupun nama keluarga. Bisa salah satunya dan bisa juga ketiganya. Jelasnya penggunaan Gumai atau Gumay menunjukkan keturunan dari silsilah keluarga orang tersebut.

Asal Usul Keturunan Gumai

Menurut cerita dari tetuah dusun di kampung Gumai serta beberapa literasi, suku Gumai merupakan keturunan  anak cucu dari Puyang Diwe Gumay yang mendiami daerah cukup luas dalam bentuk dusun. Akhirnya tumbuh menjadi 3 marga sebagai sub dari suku Gumay.

Yakni Gumay Lembak, yang terletak di kecamatan Pulau Pinang. Tepatnya berkedudukan di Lubuk Sepang. Gumay Ulu, terletak di kecamatan Pulau Pinang. Berkedudukan di Tinggi Hari. Gumay Talang, terletak di kecamatan Kota Lahat, tepatnya di Langu-Endikat.

1. Keturunan Gumay Lembak

Puyang Muke Akhahan yang sangat legendaris dan di panggil Kerie Sindang Matahari, pimpinan Gumay Jurai ke-XIII mempunyai 8 anak, 7 laki-laki dan 1 perempuan. Anak-anak ini lah yang akan menjadi cikal bakal keturunan Gumay Lembak untuk membangun dusun.

Atungkal Diwe, anak tua bertempat di dusun Bapak yaitu di Lubuk Sepang. Gune Raja, berpindah ke Endikat. Yang akhirnya menikah dengan Putri Langu. Yang akhirnya menjadi cikal bakal marga Gumay Talang.

Puyang Abawan, bertempat di dusun Tanjung Sirih. tepatnya dipinggiran Ayik Lim bersama keturunannya. Puyang Bigih, bertempat dan berkeluarga didusun Kuba.

BACA JUGA:Oh Ternyata Ini Asal Usul Suku Komering, Bagian dari 12 Suku Asli Sumatera Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sultansindonesieblog