Oh Ternyata Ini Asal Usul Suku Komering, Bagian dari 12 Suku Asli Sumatera Selatan

Oh Ternyata Ini Asal Usul Suku Komering, Bagian dari 12 Suku Asli Sumatera Selatan

Rumah Ulu, rumah tradisional Kabupaten Ogan Komering Ulu.-Naba Anwar-

Sekitar abad ke 13 pernah terjadi Perang Abung, perang antara marga Semendawai dengan marga Abung Lampung. Setelah perang abung berakhir ada kepuhyangan baru yaitu Puhyang Ratu Penghulu, pendiri daerah Banton. Puhyang Umpu Ratu, pendiri daerah Pulau Negara. Puhyang Jati Keramat, pendiri daerah Bunga Mayang. Puhyang Sibala Kuang /Puhyang Daya, pendiri daerah Mahanggin terdiri dari Sandang, Rawan, Rujung, Kiti, Lengkayap.

Selain itu Perang Abung juga menjadi cikal bakal terbentuknya suku Kayu Agung yang mendiami wilayah baru di hilir sungai. Pada periode ini pula diperkiraan aliran atau alur sungai Komering  sudah mengalami perubahan sehingga  muara sungai tidak lagi di Minanga tetapi terus kearah Gunung Batu, Kayu Agung dan bermuara di Sungai Musi.

Dahulu kepuhayangan yang mendiami sekitar sungai Komering masing-masing berdiri sendiri yang dipimpin oleh seseorang sesepuh disebut Puhyang. Namun pada akhirnya Kepuhyangan tidak dipakai lagi. Saat ini sebagian besar wilayah suku Semendawai atau suku Komering masuk dalam Kabupaten OKU Timur. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: egindo.com