Oh Ternyata Ini Asal Usul Suku Komering, Bagian dari 12 Suku Asli Sumatera Selatan

Oh Ternyata Ini Asal Usul Suku Komering, Bagian dari 12 Suku Asli Sumatera Selatan

Rumah Ulu, rumah tradisional Kabupaten Ogan Komering Ulu.-Naba Anwar-

Pada masa kedatangan It-Shing seorang Pendeta Buda dari Cina ke kerajaan Sriwijaya tahun 671 Masehi, Sungai Komering masih bermuara ke laut dengan Minanga sebagai pusat kota terletak di muara sungai. Sedangkan pada masa kesultanan palembang (abad ke 17) sungai Komering sudah bermuara ke sungai Musi seperti sekarang ini.

BACA JUGA:Liburan ke Kota Pagaralam? Catat Ini 8 Tempat Wisata dan Rekomendasi 3 Villa di Kaki Gunung Dempo

Perubahan muara sungai ini terjadi karena proses sedimentasi daerah pantai timur Sumatera dan perubahan alur aliran sungai tersebut. Nama Minanga sebagai nama tempat sudah ada sebelum Van Rokel membaca prasasti kedukan bukit tahun 1924.

Oleh karena itu nama Minanga di Komering Ulu itu bukanlah mencontoh kebesaran nama dalam prasasti kedukan bukit. Hal tersebut terlihat dalam suatu piagam perjanjian tahun 1629 dengan memakai tulisan Arab-Melayu oleh kesultanan Palembang yang pada waktu itu berkuasa Sedaing Kenayan, mengenai tapal batas Marga Minanga. Piagam tersebut masih tersimpan sebagai dokumen Marga Semendawai Suku III Kabupaten OKU Timur.

Kata 'Komering' mulai dipopulerkan oleh bangsa Belanda dengan sebutan 'khemering' dari kata Kembiring yang diartikan juga dengan makhluk sakti semacam harimau jadi-jadian. Sampai sekarang belum ditemukan literatur yang menghubungkan penyebutan Khemering oleh Bangsa Belanda dengan Makam Komering Singh.

Meskipun nama Komering terlanjur melekat, tapi sebagian orang berpendapat suku yang mendiami sepanjang sungai Komering lebih tepat disebut suku Semendawai.

Pada sebelum tahun 600 Masehi terdapat suku di pedalaman Sumatera Selatan yang di kenal dengan nama suku Sakala Bhra (purba) yang berarti Titisan Dewa. Suku ini mendiami daerah pegunungan dan lembah bagian utara di sekitar gunung Seminung daerah perbatasan Sumatera Selatan dengan Lampung.

Suku ini terpecah menjadi dua kelompok masyarakat, yang pertama yang mendiami kawasan sekitar gunung Seminung dan turun ke lembah bagian utara sampai ke Lampung.

BACA JUGA:7 Rumah Adat di Provinsi Sumatera Selatan, Selama Ini Belum Banyak yang Tahu

Kemudian sebagian lagi turun ke daerah bawah dengan mengikuti aliran sungai di daerah huluan Sumatera Selatan yang kemudian di kenal dengan suku Samanda Di  Way, yang berarti orang yang mengikuti aliran sungai, dan berakhir di Minanga (purba). Suku ini yang kelak kemudian asal mula suku Daya, Komering, Ranau,. (Van Royen -1927)

Kelompok Samanda di way atau dengan dialek sekarang menjadi Semendawai, selanjutnya disebut Komering, adalah kelompok masyarakat yang mendiami mulai dari hulu (Muaradua) hingga di muara (Minanga).

Pada awalnya adalah kelompok masyarakat kecil yang bermigrasi dari pegunungan turun mengikuti aliran sungai, kemudian mereka berpencar mencari tempat-tempat strategis untuk menetap dan mendirikan ke Puhyangan. Diantaranya Puhyangan Ratu Sabibul  pendiri daerah Gunung Batu (Manusia Gunung). 

Puhyang Kai Patih Kandi pendiri daerah Maluway/ Manduway, berarti petunjuk arah sungai. Puhyang Minak Ratu Damang Bing pendiri daerah Minanga (Muara).

Kemudian menyusul kelompok kedua yang turun gunung adalah: Puhyang Umpu Sipandang pendiri daerah Gunung Terang yang berarti orang gunung menempati tempat yang terang (Padang rumput). Puhyang Minak Adi Pati, pendiri daerah Pemuka Peliung. Kegemaran Puhyang tersebut membawa peliung, sejenis kampak, sehingga daerah ini dinamakan Pemuka Peliung.

BACA JUGA:Pesona Danau Wisata Telok Putih di Ogan Ilir, Sajikan Beragam Wahana Manjakan Pengunjung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: egindo.com