Palembang Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Stadion GSJ Bukan Opsi Laga Pembuka

Palembang Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Stadion GSJ Bukan Opsi Laga Pembuka

Stadion GSJ, Palembang. Foto:dok sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemprov Sumsel tampaknya harus gigit jari. Pasalnya, dari enam Venue yang ditunjuk FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) PALEMBANG tak dijadikan opsi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk jadi laga pembuka.

Padahal, Pemprov Sumsel telah mempersiapkan Stadion GSJ Palembang sebagai tempat berlangsungnya Piala Dunia U-20 pada 20 Mei - 11 Juni 2023 mendatang. Bahkan, persiapan stadion bisa dikatakan progres pengerjaan mencapai 90 persen.

Kendati demikian, stadion kebanggaan masyarakat Sumsel yang menjadi tuan rumah dan berlangsungnya event Asian Games dan SEA Games beberapa tahun lalu, tak menjadi acuan Kemenpora untuk menjadikan GSJ Palembang sebagai salah satu opsi tempat laga pertama dibukanya Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel, Rudi Irawan saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut mengungkapkan, untuk jadi tempat pembukaan atau digelarnya laga pembuka Piala Dunia U-20 2023 Pemprov Sumsel tak dapat berandai-andai. 

BACA JUGA:Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Dispora Sumsel Libatkan Panitia Daerah

"Kita tak bisa memastikan dan berandai-andai, karena semua pusat yang memastikan," kata Rudi kepada SUMEKS.CO di Kantor Pemprov Sumsel, Rabu 21 Desember 2022.

Kendati begitu, Rudi mengatakan bahwa Pemprov Sumsel sudah mempersiapkan mulai dari insfrastruktur dan lainnya guna memeriahkan Piala Dunia U-20 tersebut.

"Semuanya sudah kita siapkan," sambung Rudi.

DIketahui, PSSI dan pemerintah dalam hal ini Kemenpora RI sudah menyiapkan enam stadion yang akan dijadikan venue pertandingan turnamen bergengsi kelompok umur tersebut. Tiga diantaranya bakal dijadikan opsi sebagai tempat laga perdana. 

Enam venue tersebut yaitu, Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion I Wayan Dipta (Gianyar), dan Stadion Jakabaring (Palembang).

BACA JUGA:GSJ Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, menjelaskan jika pembukaan Piala Dunia U-20 2023 dipastikan tidak ada upacara pembukaan. Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 ini dipastikan akan sedikit berbeda dengan pembukaan Piala Dunia 2022.

Namun, pembukaan Piala Dunia U-20 tahun 2023 dimungkinkan hanya pertandingan pertama. Terkait venue pertandingan pembuka ada tiga opsi stadion yang akan digunakan.

Yakni Stadion Manahan (Solo), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), dan Gelora Bung Tomo Surabaya).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: