Tingkatkan Hasil Produksi Jumputan, UIGM Palembang Gelar Pelatihan di KSM Kelurahan Tuan Keentang Palembang

Tingkatkan Hasil Produksi Jumputan, UIGM Palembang Gelar Pelatihan di KSM Kelurahan Tuan Keentang Palembang

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Salah satu penerapan Tridarma Perguruan Tinggi bagi kinerja Dosen selain Pengajaran, Penelitian, yaitu Pengabdiaan Kepada Masyarakat.

Kemenristekbud melalui Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) Palembang melaksanakan Program intensif PKM yang bekerjasama dengan KSM Pelangi/ Jumputan Palembang di Kelurahan Tuan Kentang Kota Palembang.

Program Itensif PKM ini merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka serta penerapan Tridharma Perguruan Tinggi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

Ketua Tim Program Intensif PKM yaitu Dr. Bambang Wicaksono, S.T., M.T yang merupakan Dosen pada Program Studi Arsitektur UIGM serta Bapak Hendry Natanael Gumano, ST., M.PWK (Dosen Prodi PWK UIGM) serta Bapak Rachmansyah, S.Kom., M.Kom (Dosen Ilmu Komputer) mengatakan bahwa kegiatan PKM ini merupakan penerapan Merdeka Belajar Kamus Merdeka, kita bisa belajar bersama masyarakat dan dapat menerapkan bidang keilmuan kepada masyarakat yang tujuannya adalah memberika Inovasi terbaru terkait Hasil Produksi Kain Jumputan yang merupakan Kain Asli Khas Kota Palembang.

BACA JUGA:Pj Bupati Apriyadi Harapkan IKPB Memberikan Kontribusi Positif dan Menjaga Muba Zero Konflik

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diberi judul Peningkatan Hasil Produksi Kain Jumputan dengan Motif Jumputan Terbaru dan Berbasis Ecommerce di Kelurahan Tuan Kentang Palembang, dengan narasumber Ibu Encar Carniawati, M.Pd untuk Desain Motif Jumputan dan Pengembangan Produksi Jumputan, Serta Bapak Andika Widyanto, S.Kom., M.Kom sebagai narasumber Pemasaran Hasil Produk Jumputan melalui E-commerce.

Pelaksanaan pengabdian ini dilaksanakan 3 hari pada 13-15 Desember 2022, Kegiatan PKM ini dibuka oleh Bapak Dr. Bambang Wicaksono, ST, MT dengan peserta Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Pelangi di yg beralamat di Lr Sawah 1 RT 26 Kelurahan Tuan Kentang Palembang

Peserta Pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Lela yang merupakan salah satu peserta dalam pelatihan tersebut mengatakan, sangat senang dengan di adakannya pelatihan ini di wilayahnya.


--

” Kami sangat senang sekali dengan di adakanya pelatihan ini, guna untuk meningkatkan usaha kain jumputan dengan desain motif terbaru” katanya, Kamis 15 Desember 2022.

BACA JUGA:Di Prabumulih, Tukang Ojek Tewas Ditikam Tukang Ojek

Dalam kesempatan itu juga Yanti salah satu peserta menambahkan, dengan mengikuti pelatihan yang di adakan ini dapat menambah ilmu pengetahuan terutama dalam Pemasaran Produk dengan E-commerce.

Menurut Dr. Bambang Wicaksono ST., MT. selaku Ketua Tim Program Intensif PKM “Kegiatan PKM ini dilakukan untuk menginovasi masyarakat untuk terus berkarya  serta diberikan alat untuk produksi, dengan harapan dapat meningkatkan hasil produksi kain dengan desain motif terbaru namun tidak menghilangkan pekem motif asli Palembang, meningkatkan keteampilan Masyarakat dan Meningkatkan Ekonomi Masyarakat “ tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: