Kain Jumputan Gambo, Asli Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel Gunakan Bahan Dasar Limbah Getah Gambir

Kain Jumputan Gambo, Asli Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel Gunakan Bahan Dasar Limbah Getah Gambir

Pembuatan kain jumputan gambo di Galery Surya, Musi Banyuasin, Sumsel.--harianmuba.com

Kain Jumputan Gambo, Asli Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel Gunakan Bahan Dasar Limbah Getah Gambir

BABAT TOMAN, SUMEKS.CO - Kepopuleran kain Jumputan Gambo dari Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Sumsel dalam beberapa tahun terakhir, membuat banyak orang tertarik untuk memiliki pakaian dengan bahan dasar kain dengan pewarna dari limbah getah gambir ini.

Untuk mendapatkan produk kain Jumputan Gambo kini tidak perlu bingung lagi. Pasalnya, di Desa Toman, Kecamatan Babat Toman telah tersedia tempat khusus yang menjual beragam produk dari jumputan gambo.

Yakni Galeri Surya yang terletak di Jalan Kertapati Km 1 Desa Toman. Produk Jumputan Gambo seperti kain, tas, sepatu, topi, ransel, dompet, hingga selendang tersedia di Galeri Surya.

BACA JUGA:Febby Deru Harapkan PKK se-Sumsel Kembangkan Pewarna Alami pada Jumputan dan Songket

Owner Galeri Sandy Surya mengatakan, bahwa produk yang dijual di tempatnya merupakan hasil produksi sendiri dengan memanfaatkan gambir dari masyarakat sekitar.

"Alhamdulillah untuk kain serta jenis produk lain seperti Tas Sepatu, Topi, Ransel, Dompet, hingga Selendang itu kita produksi sendiri," kata Sandy Surya, dikutip harianmuba.com, Kamis 20 Juli 2023.

Menurut Sandy Suryai, produk Jumputan Gambo dari Galeri Surya yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah kain semi sutra dan katun.

"Kalau jenis kain yang banyak dipesan atau dibeli itu kain semi sutra dan katun. Namun banyak juga yang beli produk jadi seperti baju, topi dan dompet," ujar Sandy Surya.

BACA JUGA:Lina Dedy Desainer Lady's Tenun Klasik Prakarsai Maha Karya Jumputan Songket

Lanjut Sandy Suryai, selain penjualan langsung di toko, untuk mendapatkan produk Jumputan Gambo masyarakat juga bisa pesan via online dan e-commerce.

"Untuk beli produk Galeri Surya bisa datang ke toko langsung atau beli via online. Kita juga melayani pembelian lewat Instagram, Shopee, Tokopedia, atau WhatsApp di 0822-8128 9117," ungkap Sandy Suryai.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: