Galeri Kain Tuan Kentang Menjadi Kawasan Wisata Belanja dan Edukasi

Galeri Kain Tuan Kentang Menjadi Kawasan Wisata Belanja dan Edukasi

Tuan Kentang, Jakabaring, Kota Palembang. -Fadli-

Galeri Kain Tuan Kentang Menjadi Kawasan Wisata Belanja dan Edukasi 

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Tuan Kentang adalah sebuah nama Kelurahan yang berada di Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang. 

Kawasan ini merupakan kawasan padat penduduk dimana mayoritas masyarakatnya bermata pencarian sebagai pengrajin kain khas kota Palembang seperti kain Jumputan, kain Songket, Tajung dan kain Blongsong.   

Sehingga Pemerintah kota Palembang dan masyarakat memberi nama kampung ini menjadi Kampung Kain Tuan Kentang. 

Dalam memproduksi kain Jumputan, para pengrajin di kawasan ini ada yang bekerja sebagai menjumput kain,  mencelup dan menjemur kain. 

BACA JUGA:Suzuki Celerio 2023 Hatchback Mendobrak Pasar, Honda Brio, Toyota Agya, Daihatsu Ayla Siap-Siap Ditinggal

Biasanya pekerjaan tersebut dilakukan dirumah mereka masing-masing, barulah nanti dikirim kepada pengepul atau pemodal dan siap untuk dijual. 

Usai kain Jumputan di produksi, pengrajin langsung menjualnya ke pasar-pasar.

Maka dari itu Pemkot Palembang berinisiatif membuat sebuah Galeri Kain Tuan Kentang yang berada di Jalan Aiptu Wahab, Jakabaring Palembang, atau tepatnya di tengah perkampungan Tuan Kentang.

Jadi, sekarang kawasan Tuan Kentang ini menjadi kawasan wisata belanja dan edukasi, dimana para pengunjung dapat melihat secara langsung proses pembuatan kain Jumputan, kain songket hingga menjadi kain yang bernilai jual tinggi. 

BACA JUGA: Catat! Ini 7 Minuman Sehat Kaya Elektrolit untuk Mencegah Dehidrasi

Adapun akses untuk menuju ke Kampung Kain Tuan kentang bisa menggunakan trasportasi darat berupa mobil, motor atau kendaraan lainnya sedangkan transpotasi sungai bisa menggunakan perahu ketek atau kapal  karena telah tersedia dermaga untuk kapal bersandar di kawasan tersebut. 

Pengunjung yang datang ke Kampung Kain Tuan Kentang lebih banyak mencari dan membeli kain jumputan karena warnanya yang bervariatif serta dapat digunakan pria dan wanita serta bisa di jadikan pakaian resmi khas kota Palembang. 

Untuk harga  bahan kain jumputan  tergantung jenis dan ukuran rata-rata per meter dijual Rp 150-400 Ribu Rupiah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: