Resep dan Cara Membuat Bagar Hiu, Masakan Kesukaan Presiden Soekarno Saat Pengasingan di Bengkulu

Resep dan Cara Membuat Bagar Hiu, Masakan Kesukaan Presiden Soekarno Saat Pengasingan di Bengkulu

Masakan tradisional khas Bengkulu, Bagar Hiu.-Foto: Cookpad/sumeks.co-

SUMEKS.CO - Tahukah anda, dari banyaknya jenis masakan tradisional khas Bengkulu ternyata ada yang paling disukai Presiden RI, Ir. Soekarno. Bagar Hiu. Makanan inilah yang menurut cerita paling digemari Bung Karno selama pengasingan di Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu sekitar tahun 1938 hingga 1942.

Wajar saja bila masakan tradisional khas Bengkulu ini menjadi kesukaan Bung Karno. Karena selama pengasingan, Bung Karno telah hidup berbaur dengan masyarakat Bengkulu. Ditambah lagi Presiden pertama Indonesia ini mendapatkan tambatan hati di Bumi Rafflesia, Fatmawati

Seorang perempuan cantik dan cerdas asal Bengkulu yang ditakdirkan menjadi Ibu Negara RI sekaligus menjahitkan Bendera Pusaka Merah Putih untuk pertama kalinya.  

Nah, ada baiknya kita mengenal jenis masakan Bagar Hiu yang memiliki cita rasa khas sehingga digemari oleh Sang Proklamator.

Masakan ini terbilang eksotik sebab aromanya sangat khas menyulap ikan yang semula berbau anyir menjadi sedap dicium dan mantap untuk dimakan bersama lauk nasi.

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Lontong Tunjang Khas Bengkulu Ala Masakan Rumahan

Bagar Hiu merupakan salah satu sajian khas Bengkulu yang kini sudah cukup langka. Itu karena bahan baku Ikan Hiu yang juga jarang tersedia.

Sajian ini jarang bisa dijumpai setiap saat di rumah makan di daerah Bengkulu sendiri. Makanan ini hanya biasa ditemui ketika Bulan Ramadhan. Menjadi menu pilihan untuk berbuka puasa.

Sepintas, makanan ini mirip dengan rendang daging khas Padang, Sumatera Barat. Perbedaannya, Bagar Hiu dibuat dari bahan daging Ikan Hiu. Selain itu Bagar Hiu juga tidak dimasak menggunakan santan, melainkan menggunakan kelapa yang disangrai.

Bagar Hiu juga dimasak dengan aneka macam rempah seperti laos, kunyit, kemiri, serai, kapulaga, ketumbar, kayu manis, jahe, asam jawa, cengkeh, pala, bawang merah, dan bawang putih.

BACA JUGA:Resep Membuat Pendap, Makanan Tradisional Khas Bengkulu

Diperlukan keahlian khusus untuk bisa mengolah Ikan Hiu jadi Bagar Hiu yang enak. Salah satu alasannya, Ikan Hiu memiliki bau amis yang cukup menyengat. Keahlian memasak Bagar Hiu biasanya dipelajari secara turun temurun alias orang-orang tertentu.

Hal pertama harus diperhatikan untuk menghilangkan bau amis, Ikan Hiu yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong kemudian diberi air perasan jeruk nipis.

Berikut ini bahan dan cara memasak Gulai Bagar Hiu: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: