Resep Membuat Pendap, Makanan Tradisional Khas Bengkulu

Resep Membuat Pendap, Makanan Tradisional Khas Bengkulu

Pendap, makanan khas Bengkulu.-Foto: KSMTOUR/sumeks.co-

SUMEKS.CO - Provinsi Bengkulu memiliki segudang kuliner khas. Salah satunya Pendap. Makanan tradisional Bengkulu ini berasal dari Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur. Pendap adalah salah satu Makanan tradisional yang kini semakin hits dan telah dijadikan buah tangan atau oleh-oleh khas Bengkulu.

Makanan yang memiliki citarasa pedas dan gurih ini terbuat dari perpaduan ikan yang diberi bumbu dan kelapa parut yang dimasak atau dikukus dalam bungkusan daun talas. Proses memasaknya cukup menyita waktu. Menghabiskan sekitar 8 jam untuk hingga matang dan menghilangkan rasa gatal dari daun talasnya.

Berikut resep dan cara membuat Pendap dilansir dari laman resmi Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bahan yang diperlukan seperti daun talas 4-5 lembar, ikan. Untuk ikan ini banyak pilihan, namun biasanya menggunakan ikan kakap, ikan kembung. Kemudian kelapa parut setengah tua, bawang putih, bawang merah, ketumbar, cabe, lengkuas, jahe, merica, kencur, garam dan penyedap rasa seperlunya.

Proses pengolahannya dilakukan dengan mendiamkan ikan segar hingga setengah membusuk. Untuk memastikan ikan tersebut setengah membusuk, biasanya didiamkan sampai seharian. Tujuannya adalah untuk menghilangkan aroma amis dari ikan tersebut.

BACA JUGA:Mulai dari Pantai hingga Gunung, Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Bengkulu

Kemudian langkah selanjutnya membuat bumbu. Pertama menggiling kelapa yang sudah diparut hingga halus. Semua bumbu-bumbu yang digunakan juga dihaluskan. Sebagian bumbu yang sudah dihaluskan serta kelapa dilumuri ke ikan yang sudah dibersihkan. Sebagian lainnya ditumis dalam kuali yang berbeda lalu dimasukkan santan hingga matang.

Ikan yang sudah dilumuri kelapa giling dan bumbu kemudian dibungkus menggunakan daun talas. Di bagian luarnya dibungkus lagi dengan daun pisang dan diikat daun pandan. Bungkusan ikan dan bumbu selanjutnya dikukus sampai matang. Setelah masak, ikan kemudian diangkat lalu dimasukkan ke dalam santan yang telah dipanaskan. Ke dalam santan masukkan 10 asam kandis.

Waktu memasak pendap, api harus dipastikan besar dan biasanya memakan waktu hingga 8 jam. Hal ini untuk memastikan rasa gatal dari daun talas benar-benar hilang.

BACA JUGA:Mie Celor Gurih dan Lezat Khas Kota Palembang, ini Resepnya

Setelah masak, pendap siap dihidangkan sebagai lauk ketika acara makan keluarga. Menurut cerita pada masa lalu makanan ini sering disajikan pada upacara adat. 

Hingga kini pendap sudah dijadikan komoditas ekonomi yang diperjual belikan sebagai oleh-oleh. Cita rasa yang enak dan gurih membuat makanan ini sangat laku di pasaran, bahkan sampai ke luar provinsi. Kalau tidak mau repot membuatnya, pendap dibanderol kisaran harga Rp10.000 - Rp25.000. 

Untuk pengiriman luar Bengkulu cukup aman, Pendap bisa tahan lebih dari 24 jam meski tidak masuk dalam lemari es. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: