Tradisi Pembaretan Bintara Brimob Polda Sumatera Selatan, Kakak Sematkan Baret Biru ke Adik Kandung

Tradisi Pembaretan Bintara Brimob Polda Sumatera Selatan, Kakak Sematkan Baret Biru ke Adik Kandung

Upacara Pembareta Bintara Brimob Polda Sumatera Selatan, salah satunya dilakukan kakak kepada adik kandungnya. Foto: kolase/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ada suasana haru dan bangga pada Upacara Pembaretan Bintara Brimob Polda Sumatera Selatan yang digelar pada Jumat 9 Desember 2022 di lapangan Mako Sat Brimob Bukit Besar Palembang.

Di hari istimewa itu, ada momen pembaretan yang dilakukan seorang kakak berpangkat Tamtama bernama Bharaka Billy Syahputra yang menyematkan baret biru kepada adik kandungnya yang berpangkat Bintara yaitu Bripda Renaldi.

Kebanggaan seorang kakak yang memasang baret di kepala adiknya dan mengingat perjuangan untuk bisa menghantarkan adiknya bergabung di Korps Brimob Polda Sumsel.

Pembaretan merupakan tradisi yang biasa dilakukan oleh Satuan Brimob Polda Sumsel kepada anggota polri yang akan bergabung dan berdinas di Korps Brimob.

BACA JUGA:Buka Latihan Pembulatan Kemampuan Brimob Bintara Remaja, Kapolda Sumsel Sampaikan Pesan Ini

Kakak-adik itu dilahirkan dari orang tua yang bernama Damianto seorang PNS dan Hamidah sebagai ibu rumah tangga yang memiliki empat  orang anak. 

Bharaka Billy Syahputra adalah anak pertama memiliki tanggung jawab besar membantu kedua orang tuanya menjaga dan mengarahkan adik-adiknya menggapai cita-cita. 

Walaupun dirinya berpangkat Tamtama, namun dia berhasil mengantarkan adik perempuannya Wilda menjadi pegawai bank. 

Bukan itu saja, kedua adik laki-lakinya juga telah berhasil menjadi anggota Polri, Bripda Tobri Miftah Sudrajat dan Bripda Reinaldy yang juga mengikuti jejaknya sebagai anggota Brimob.

BACA JUGA:210 Personel Brimob Polda Sumsel Standby Berangkat ke Bali

Dansat Brimob Polda Sumsel Kombes Pol Donyar Kusumadji SIK menjelaskan, kegiatan tradisi pembaretan guna melaksanakan tugas-tugas kepolisian yang sebenarnya.

“Khususnya menjadi anggota Brimob yang nantinya para anggota Brimob yang baru ini bisa lebih profesional, modern dan terpercaya dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari dalam mengabdi kepada negara dan masyarakat,” terangnya.

Dirinya juga menambahkan, pembaretan Brimob dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan rasa solidaritas, kebersamaan, kebanggaan menjadi personel Brimob Polri.

”Dan ke depan agar dengan  kegiatan pembaretan ini dapat menjadi selain tradisi buat personel Brimob Polda Sumsel namun memotivasi jiwa Korps dan tanggung jawab sebagai pasukan Elite Polri,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: