Pensiunan ASN Kota Palembang Kantongi Uang Rp 1 Miliar di tahun 2023? Jika Skema Ini Diterapkan

Pensiunan ASN Kota Palembang Kantongi Uang Rp 1 Miliar di tahun 2023? Jika Skema Ini Diterapkan

Pensiunan ASN Kota Palembang bakal menerima uang RP 1 miliar di tahun 2023.-foto:doksumeksco-

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Pasti belum pernah terbayang di benak ASN yang pensiun tahun 2023 bakal kantongi dana hingga Rp 1 miliar. Kabar bagus bukan? ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Palembang bakal menikmatinya jika diterapkan aturan atau skema ini.  

Terdengar informasi bakal ada penyesuaian uang pensiunan PNS tahun 2023. Lantas bagaimana hitungan dan besarnnya serta menggunakan skema apa? 

Terkuak, ternyata Kementerian Keuangan telah mengusulkan alokasi anggaran program pengelolaan transaksi khusus tahun 2023, termasuk pada uang pensiunan ASN.

Kementerian Keuangan mengusulkan adanya kenaikan anggaran menjadi sekitar Rp 156.410.300.000. Atau ada kenaikan sebanyak 4,6 persen dari alokasi tahun 2022.

BACA JUGA:Nyali Ciut, Warga Pengungsian Gunung Semeru Berharap Hunian Tetap

Mengacu pada PP Nomor 18 Tahun 2019. Pada golongan 1A, pensiun yang diterima adalah mulai dari Rp1.560.800 hingga Rp1.751.900, sedangkan untuk janda atau duda, yang diterima adalah Rp1.170.000. 

Peraturan ini yang sekarang masih diterapkan. Data di PP Nomor 18 tahun 2019 menyebutkan pensiunan ASN golongan 4E bakal menerima Rp1.560.800 hingga Rp4.425.900, dan pada janda atau duda menerima sebesar Rp1.293.600 sampai Rp2.124.500.

Soal wacana pensiunan bakal mengantongi dana hingga Rp 1 miliar pun pastikanya bakal bikin ceria. Adalah Korps Pegawai Republik Indonesia meminta pemerintah segera menerapkan fully funded.

Fully funded ini adalah skema iuran yang bkin bahagia PNS yang pensiun. Tentu saja hal ini disambut baik oleh setiap anggota aparatur sipil negara, karena artinya akan ada peningkatan yang luar biasa besar pada dana pensiun yang diterima di penghujung masa dinas dan bakti yang diberikan oleh aparat.

Skema fully funded secara sederhana lebih mirip atau bisa dianalogikan dengan metode perhitungan investasi atau asuransi.

BACA JUGA:Lift di Tower Jembatan Ampera Palembang Dibangun, TACB Tempuh Jalur Hukum

Tapi tentu saja ada syaratnya jika pensiunan ASN jika ingin menerima dana sebesar itu.  Pensiun yang diterima dapat mencapai angka tersebut karena skema yang digunakan terbilang lebih efektif.

Yaitu berdasarkan nilai iuran pada presentasi dari gaji yang bdibawa pulang atau take home pay yang nilainya lebih besar. Nantinya uang pensiun akan dibayarkan dengan model patungan antara iuran PNS dan pemerintah sebagai pemberi kerja.

Sementara itu, usia ASN pensiun ditetapkan dengan aturan baru. Batas usia pensiun terbagi menjadi tiga kelompok berbeda, berdasarkan jabatan fungsional yang dimilikinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: