Romantika Cinta Presiden Soekarno dan Fatmawati, Tidak Lepas dari Peran Tokoh Pejuang Palembang Ini

Romantika Cinta Presiden Soekarno dan Fatmawati, Tidak Lepas dari Peran Tokoh Pejuang Palembang Ini

Cucu H Anang, Abdurrahman saat menunjukkan foto keluarga di rumah singgah Soekarno di Jalan KHA Azhari Kelurahan 3/4 Ulu, Palembang.-Foto: Fadly/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Siapa sangka, romantika cinta Presiden pertama RI Ir Soekarno dengan Fatmawati, tidak lepas dari peran sosok salah satu pejuang kemerdekaan yang berasal dari Kota Palembang bernama H Anang.

Diceritakan Abdurrahman cucu dari pemilik rumah singgah Soekarno H Anak yang terletak di Jalan KHA Azhari Kelurahan 3-4 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang, pasca berkunjung ke rumah singgah di Palembang, Soekarno sempat mengatakan menaruh hati kepada Fatmawati.

"Saat itu, dikatakan Soekarno saat berada di Sumatera Barat selepas berkunjung dari rumah singgah ini, hal itu diceritakan Soekarno kepada salah satu kerabat keluarga kakek saya H Anang," kata Abdurrahman dibincangi SUMEKS.CO, Sabtu 26 November 2022.

Menurutnya hal itu dikarenakan tidak terlepasnya keakraban antara H Anang dengan ayah kandung dari Fatmawati bernama Hasan Din, yang saat itu sama-sama sesepuh dari organisasi Muhammadiyah.

BACA JUGA:Mengunjungi Rumah Singgah Soekarno di Palembang yang Masih Terjaga Keasliannya

Berdasarkan cerita orang tua, lanjut Abdurrahman, kala itu Fatmawati aktif dalam setiap organisasi remaja putri Muhammadiyah Nasyiatul Asyiah, sehingga setiap kali mengadakan pertemuan, Fatmawati selalu diajak ayahnya dan bertemu dengan H Anang.

Dikatakannya, saat itu kakeknya H Anang sebagai salah satu pejuang pendidikan, juga mendatangkan guru dari pulau Jawa ke Palembang. Diantaranya Raden Panani yang kemudian diangkat menjadi anak oleh H Anang.

"Dan secara kebetulan juga Raden Panani ini sahabat dekat Soekarno, sehingga usai kunjungan Soekarno ke Palembang, karena mungkin H Anang kenal dekat dengan keluarga Fatmawati sehingga mengutarakan untuk memperistri Fatmawati," terangnya.

BACA JUGA:Kawah Tengkurep, Tempat Pemakaman Raja Pertama Palembang dan Keturunan

Masih kata Abdurrahman awal mulanya Soekarno kepincut dengan Fatmawati itu menurut cerita dari ibunya saat itu. Namun jika untuk kebenarannya seperti apa jika ditarik cerita ke belakang terutama kenal dan akrab dengan keluarga Fatmawati hal itu mungkin saja terjadi.

Dibeberkannya, pernah dahulu Megawati Soekarno Putri beserta keluarga melakukan napak tilas sejarah ayahnya di Palembang. Namun tidak sampai mampir ke rumah singgah tersebut. Melainkan Napak tilas ke Lorong Tangga Raja Kelurahan 2 Ulu.

"Sebab menurut versi lainnya, sebelum ke rumah singgah ini, Soekarno beserta rombongan dari Bengkulu ke Palembang naik kereta api, lalu dengan menggunakan perahu turun di salah satu rumah warga di pinggiran sungai Musi Lorong Tangga Raja Kelurahan 2 Ulu, jadi napak tilas Megawati saat itu hanya sampai disana saja, tidak sampai kesini," tuturnya.

Dikutip dari laman Wikipedia, Hj Fatmawati merupakan istri ketiga dari presiden Indonesia pertama Ir Soekarno. Fatmawati merupakan anak dari seorang tokoh berasal dari Provinsi Sumatera Barat, dan merupakan ibu negara pertama Indonesia.

Fatmawati dan Soekarno menikah pada tanggal 1 Juni 1943 dan dikaruniai 5 orang anak. Yakni presiden kelima Indonesia Megawati Soekarno Putri juga dikenal akan jasanya dalam membuat dan menjahit bendera pusaka Sang Saka Merah Putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: