Telurkan 61 Sarjana Teknik Baru, Rektor Ingatkan Tri Pantangan Ajaran Taman Siswa

Telurkan 61 Sarjana Teknik Baru, Rektor Ingatkan Tri Pantangan Ajaran Taman Siswa

Prosesi pelantikan ke-61 Sarjan Teknik baru Fakultas Teknik Unitas Palembang di Ballroom Hotel Beston. Foto : edho/sumeks.co --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Fakultas Teknik (FT) Universitas Taman Siswa (Unitas) Palembang kembali menelurkan sebanyak 61 Sarjana baru

Prosesi pengukuhan ke-61 sarjana baru ini dilaksanakan dalam rapat senat terbuka dihadiri Rektor Unitas Palembang Ki Dr Azwar Agus SH MHum, Ketua Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Taman Siswa (BPPTS) Palembang, Ki Drs Yuli Rohbiyanto MPd dan civitas akademika Unitas, Rabu 21 September 2022 siang. 

Dekan FT Unitas, Ki Dr (Cand) Ambo Intang ST MT menyebut pada pelantikan Sarjana Teknik ke-39 FT Unitas Palembang ini terdiri dari 22 sarjana Prodi Teknik Sipil, enam Sarjana Prodi Teknik Kimia dan 33 sarjana Prodi Teknik Mesin. 

Sehingga sejak berdiri di tahun 1987 silam, FT Unitas Palembang telah menelurkan sebanyak 1.563 alumni sarjana teknik yang tersebar di seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:Puncak Acara Seabad Taman Siswa dan 62 Tahun SD Taman Siswa Sungai Gerong Digelar

"Saat ini seluruh calon alumni perguruan tinggi harus memiliki sertifikat kompetensi keahlian tertentu. Seperti alumni teknik diberikan kesempatan untuk mendapatkan gelar insinyur tapi harus mengikuti pendidikan tambahan lagi selama 24 SKS," sebut Ambo pada acara yudisium yang dihelat di Ballroom Hotel Beston. 

Menurut Ambo, pentingnya para sarjana memiliki kompetensi tambahan karena berkaitan dengan profesi dan pekerjaan yang bakal ditekuni kelak. 

"Sebagai contoh seorang sarjana teknik sipil tidak dapat berkecimpung pada profesi keteknisipilan apabila tidak memiliki sertifikat kompetensi. Juga tak diperbolehkan untuk memberikan statement di muka umum," sebut Ambo. 

Hal inilah yang akan mengakibatkan alumni perguruan tinggi tidak mendapatkan posisi yang tepat sesuai dengan bidang keahliannya. 

BACA JUGA:Peningkatan D3 ke D4, Lahirkan Sarjana Terapan Berkualitas

Senada disampaikan Rektor Unitas Palembang, Dr Azwar Agus SH MHum yang berharap kepada sarjana baru untuk mengaplikasikan dan menerapkan ilmu yang didapatkan selama mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi. 

"Saya tekankan pula kepada sarjana baru Fakultas Teknik Unitas untuk menjunjung tinggi ajaran Taman Siswa yang dibawa Ki Hajar Dewantara, termasuk juga Tri Pantangan ajaran Taman Siswa," imbuh Azwar. 

Ditambahkan pula oleh Ketua BPTS, Ki Drs Yuli Rohbiyanto MPd, Tri Pantangan ajaran Taman Siswa yang dimaksud adalah Harta, Tahta dan Wanita.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: