Larangan yang Wajib Dihindari Selama Perayaan Tahun Baru Imlek 2024, Dipercaya Agar Tetap Hoki

Larangan yang Wajib Dihindari Selama Perayaan Tahun Baru Imlek 2024, Dipercaya Agar Tetap Hoki

Ilustrasi--net

Larangan yang Wajib Dihindari Selama Perayaan Tahun Baru Imlek 2024, Dipercaya Agar Tetap Hoki

SUMEKS.CO - Menjelang perayaan Imlek masyarakat Tionghoa tentu saja sangat antusias untuk menyambut tahun baru imlek. Namun ternyata saat perayaan Imlek ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan. 

Ada beberapa larangan atau pantangan yang sebaiknya tidak dilanggar saat perayaan Tahun Baru Imlek, hal ini karena masyarakat Tionghoa percaya jika pantangan atau larangan tersebut dihindari diyakini akan membawa keberuntungan atau mendatangkan hoki. 

Biasanya perayaan Imlek selalu dimeriahkan dengan betagam tradisi unik dan menarik, mulai dari barongsai, makan mie panjang, memakai baju nuansa merah dan tradisi lainnya. 

BACA JUGA:8 Macam Kue Imlek yang Wajib Disajikan saat Tahun Baru China, Nomor 1 Paling Dicari

Selain dari tradisi perayaan Imlek ini ada juga  beberapa kebiasaan yang merupakan pantangan atau larangan yang tidak boleh dilakukan pada saat perayaan Imlek. Hal ini jika pantangan itu dilakukan dapat dipercaya akan membawa keburukan. 

Anggapan atau kepercayaan ini terus melekat pada generasi ke generasi lainnya, Yuk simak apa saja pantangan atau larangan yang tidak boleh dilakukan pada saat tahun baru imlek. Diantaranya:

1. Mencuci dan memotong rambut

Masyarakat Tionghoa percaya tahun baru imlek bukanlah waktu yang tepat untuk mencuci dan memotong rambut.

BACA JUGA:Bukan Hanya Barongsai dan Angpao, Ini Tradisi Imlek di Indonesia dan Maknanya, Unik Banget!

Hal ini berhubungan dengan pengucapan kata rambut dalam bahasa Mandarin, yaitu fa dalam facai yang berarti menjadi kaya. 

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa mencuci atau memotong rambut saat tahun baru imlek dapat menghapus rezeku di awal tahun baru. 

Oleh karena itu masyarakat Tionghoa memiliki pantangan untuk mencuci dan memotong rambut hal ini dipercaya agar selalu mendapatkan hoki atau keberuntungan.

2. Makan bubur dan daging ayam saat sarapan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: