Sirsak dan Apel Bisa Turunkan Kadar Asam Urat, Benarkah? Cek Kebenarannya Disini

Sirsak dan Apel Bisa Turunkan Kadar Asam Urat, Benarkah? Cek Kebenarannya Disini

Buah sirsak dapat turunkan kadar asam urat-Ilustrasi - Shutterstock-

SUMEKS.CO – Sirsak dan apel menjadi salah satu buah yang dipercaya dapat turunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Penderita asam urat disarankan untuk tidak mengkonsumsi sembarang makanan karena ada beberapa yang malah bisa memicu dan memperparah kadar asam urat.

Dalam hal ini pengidap penyakit asam urat memang rentan terhadap makanan dan harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya karena ada beberapa jenis makanan yang hanya akan memperparah.

Tapi jangan dijadikan  sebuah kecemasan atau kekhawatiran karena masih ada banyak makanan yang lezat dan bisa dikonsumsi oleh pengidap asam urat bahkan malah bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

BACA JUGA:Hati-Hati! 6 Jenis Makanan Ini Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat Kambuh, Yuk Dihindari

Penyakit asam urat adalah peradangan sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam darah yang berkaitan langsung dengan darah tapi memang ada beberapa pantangan asam urat yang perlu dihindari oleh penderitanya.

Salah satu kandungan yang berbahaya untuk asam urat adalah purin dimana merupakan senyawa yang diubah menjadi asam urat di dalam tubuh dan ternyata ada didalam makanan tertentu.

Apabila kadar purin melebihi batas normal dan menumpuk dalam tubuh akan menumpuk kristal asam urat sehingga menyebabkan terjadinya peradangan sendi atau biasa dikenal dengan penyakit asam urat.

Itulah mengapa siapapun penderita asam urat harus menghindari makanan yang banyak mengandung purin tinggi untuk mencegah meningkatnya timbunan kristal asam urat di dalam tubuh. 

BACA JUGA:Hindari Sekarang! 5 Kebiasaan Buruk Ini Tenyata Bisa Memicu Penyakit Asam Urat, Nomor 5 Bahaya

Purin diketahui banyak ditemukan dalam sel makhluk hidup termasuk hewan dan tumbuhan sehingga sulit jika tidak sama sekali tidak dikonsumsi. 

Adapun beberapa makanan yang memang disebut mengandung purin tinggi bahkan tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita asam urat diantaranya adalah jeroan, daging merah, makanan laut, alcohol dan minuman manis.

Beberapa gejala yang biasanya terjadi diantaranya adalah jari-jari kaki, pergelangan tangan, lutut, dan tumit. 

Nah penting untuk diketahui ada salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat yakni buah sirsak, kenapa demikian?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: